Ini penyebab angka pengangguran turun versi menteri sosial

Kamis, 25 Juli 2019 | 16:39 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Ini penyebab angka pengangguran turun versi menteri sosial


TINGKAT PENGANGGURAN - BANJARBARU. Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, salah satu faktor yang menyebabkan turunnya angka kemiskinan di Indonesia adalah dana Bantuan Sosial (Bansos) yang terus dinaikkan oleh pemerintah pusat. 

Hal itu disampaikam Agus, saat melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (23/7). "Setiap tahun dana bantuan sosial yang disalurkan oleh pemerintah pusat semakin lama semakin naik. Ini menunjukkan komitmen yang tinggi," ujar Agus disela-sela acara pendidikan dan pelatihan, Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga, (P2K2), di Banjarbaru, Kalsel.

Agus menyebut, pada tahun 2019, dana Bansos yang diterima kementeriannya sudah mencapai angka Rp 59 triliun, naik sekitar Rp 4 triliun dibanding tahun 2018 sebesar Rp 55 triliun. 

Dana ini menurutnya sangat jauh kenaikannya pada saat Jokowi baru dilantik menjadi presiden pada 2014 lalu, yang hanya sebesar Rp 19 triliun lebih. 

Terus meningkatnya dana Bansos, lanjut Agus, secara langsung memengaruhi turunnya angka kemiskinan di Indonesia. 

"Ini yang bisa kita rasakan, berdasarkan data dari BPS, angka kemiskinan pada bulan April tahun 2019 sudah berhasil kita tekan ke angka 9,41%," ujar Agus. 

Turunnya angka kemiskinan pada bulan April 2019, lanjut Agus juga dibarengi dengan Gini Rasio yang juga terus membaik, yakni pada September 2018 berada diangka 0,384, menjadi 0,381 pada pertengahan 2019. 

"Memperbaiki atau menurunkan angka kemiskinan saja itu sudah sulit, apalagi kita pemerintah berhasil secara bersamaan juga memperbaiki gini rasio," ujar Agus. (Kontributor Banjarmasin, Andi Muhammad Haswar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyebab Angka Pengangguran Turun Menurut Mensos"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru