Ini Update Korban Gempa Bantul, Kerusakan Rumah dan Fasilitas Umum

Sabtu, 01 Juli 2023 | 08:36 WIB Sumber: Kompas.com
Ini Update Korban Gempa Bantul, Kerusakan Rumah dan Fasilitas Umum

ILUSTRASI. Kerusakan genteng rontok pada rumah di Semanu, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, akibat gempa bumi pada Jumat (30/6/2023) malam.


GEMPA - BANTUL. Gempa bumi yang mengguncang wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya pada Jumat malam (30/6), menimbulkan kerusakan cukup parah.

Puluhan rumah yang tersebar di wilayah DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dilaporkan mengalami kerusakan ringan hingga sedang.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengungkapkan adanya korban jiwa dan puluhan bangunan rusak di sejumlah wilayah akibat gempa tersebut.

"BNPB mencatat satu warga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meninggal dunia akibat gempa magnitudo (M) 6,4," ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Sabtu pagi (1/7).

Baca Juga: BMKG Mengubah Catatan Gempa Bantul Yogyakarta dari Magnitudo 6,4 Menjadi 6,0

Beberapa jaringan listrik bahkan padam akibat gempa. BMKG juga mencatat adanya gempa susulan dengan kekuatan (M) 2-4 SR.

Berikut update dampak gempa bumi Bantul hingga Jumat (30/6/2023) pukul 23.36 WIB.

1 Warga Bantul meninggal dunia

BNPB mencatat adanya 1 korban jiwa akibat gempa bumi di Bantul tadi malam. Korban merupakan warga di Kabupaten Bantul.

Beberapa korban juga dilaporkan mengalami luka ringan, yakni satu orang dari Kabupaten Bantul dan satu orang di Kabupaten Tegal, Provinsi Jateng.

Di Kebumen, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan, 11 KK warganya terdampak. Bahkan 1 KK yang terdiri dari 2 jiwa harus mengungsi.

Sementara itu, di Purbalingga, 4 KK terdampak gempa bumi Bantul ini. Angka tersebut masih berpotensi mengalami perubahan.

Sebab petugas BPBD setempat masih melakukan pendataan dan penanganan darurat di lapangan.

Rumah dan fasilitas umum rusak

Sebanyak 93 rumah yang tersebar di wilayah DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur juga dilaporkan mengalami kerusakan tingkat ringan hingga sedang.

Berikut rinciannya:

1. Provinsi Jateng

Kabupaten Kebumen rumah rusak ringan 8 unit dan rusak sedang 2 unit. Kabupaten Magelang dan Tegal rumah rusak masing-masing sebanyak 1 unit. 

Di Kabupaten Purbalingga terdapat 4 unit rumah yang dilaporkan rusak.

2. Provinsi Jawa Timur

Kabupaten Pacitan 28 unit rumah rusak.

3. Provinsi DIY Kabupaten Bantul

Rumah rusak 30 unit, di Kabupaten Gunung Kidul 19 rumah dilaporkan rusak.

Baca Juga: Update Dampak Gempa Bantul Hari ini : Satu Warga Bantul Meninggal Dunia

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru