Intip Besaran Bonus Atlet Olimpiade Paris: Peraih Emas Rp 6 M, Pelatih Rp 2,750 M

Rabu, 14 Agustus 2024 | 08:43 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
Intip Besaran Bonus Atlet Olimpiade Paris: Peraih Emas Rp 6 M, Pelatih Rp 2,750 M

ILUSTRASI. Atlet panjat tebing putra Indonesia Veddriq Leonardo menunjukkan medali emas usai menjuarai nomor speed putra Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024). Veddriq Leonardo berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 4,75 detik mengalahkan atlet China Wu Peng yang mencatatkan waktu 4,77 detik. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/sgd/rwa.


OLIMPIADE PARIS 2024 - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo, pada hari Selasa (13/8) memastikan bahwa para atlet berprestasi di Olimpiade RI akan mendapatkan bonus besar hingga Rp 6 miliar.

Pengumuman itu disampaikan Menpora Dito saat menyambut kedatangan para atlet panjat tebing dan angkat besi di Gedung VVIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Perihal nominal, Dito mengatakan bahwa angka itu disampaikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Klasemen Akhir Olimpiade Paris 2024: Amerika Serikat Jadi Juara Umum

Besaran Bonus Atlet dan Pelatih

Negara berjanji akan memberikan bonus dengan nominal Rp 6 miliar untuk para atlet peraih emas.

Bonus itu tentu akan diterima oleh atlet panjat tebing Veddriq Leonardo dan lifter Rizki Juniansyah yang tampil sangat memuaskan di Olimpiade Paris 2024.

Untuk peraih medali perunggu, yaitu pebulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung, bonus yang diberikan negara adalah sebesar Rp 1,650 miliar.

Tidak hanya para atlet, negara juga berjanji akan memberikan bonus untuk para pelatih.

Pelatih peraih emas mendapat Rp 2,750 miliar, sementara pelatih peraih perunggu mendapat bonus Rp 675 juta.

Menpora Dito juga berjanji akan memberikan bonus berbeda untuk seluruh atlet dan pelatih yang tidak menerima medali. Bonusnya segera diumumkan di kemudian hari.

Baca Juga: Olimpiade Paris Berakhir, Los Angeles Bersiap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2028

Lebih Besar dari Olimpiade Sebelumnya

Besaran bonus atlet Olimpiade Paris 2024 tercatat lebih tinggi dari yang diberikan pemerintah pada Olimpiade Tokyo 2020.

Sebagai pengingat, bonus untuk peraih emas di Olimpiade Tokyo 2020 adalah Rp 5,5 miliar untuk atlet dan Rp 2,5 miliar untuk pelatih.

Peraih medali emas saat itu adalah pasangan ganda putri bulu tangkis Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Sementara itu, peraih medali perunggu saat itu mendapatkan bonus sebesar Rp 1,5 miliar untuk atlet dan Rp 600 juta untuk pelatih.

Atlet Indonesia peraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 adalah Windy Cantika Aisah dan Rahmat Erwin Abdullah dari cabang angkat besi, serta Anthony Sinisuka Ginting dari cabang bulu tangkis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru