Ira Koesno di debat putaran ke 2, awas gagal fokus

Selasa, 04 April 2017 | 11:44 WIB Sumber: TribunNews.com,Kompas.com
Ira Koesno di debat putaran ke 2, awas gagal fokus


JAKARTA. Debat putaran kedua yang akan diselengarakan pada Rabu (12/4) pekan depan akan menjadi momentum pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur meraih suara pada pemilihan Pilgub DKI 2017.

Menariknya KPU DKI kembali memilih presenter Ira Koesno untuk menjadi moderator debat putaran kedua.

Menurut Ketua KPU DKI, Sumarsono, Ira telah memiliki pengalaman menjadi moderator dalam debat Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Pertama mbak Ira sudah pengalaman, karena mengelola debat itu tentu berbeda dengan pemandu acara lain, selain itu dari sisi kompetensinya, dan netralitas memenuhi kualifikasi," kata Sumarsono, ketika dihubungi oleh Warta Kota, Senin (3/4) kemarin.

Namun Sumarsono menilai bahwa moderator debat yang dipakai saat acara sebenarnya sudah memiliki kualitas yang bagus. Namun KPU melirik Ira Koesno untuk kembali menjadi moderator debat.

"Sebenarnya moderator yang kami pakai sudah memenuhi kualifikasi, tapi kebetulan hanya butuh satu saja, jadi kita putus kan menggunakan Mbak Ira," katanya.

Debat mendatang dibagi dalam tiga bagian, yakni pertanyaan dari tim panelis, pertanyaan dari masyarakat, dan debat terbuka kedua pasangan calon.

Debat terbuka itu kemudian dibagi menjadi dua, yakni debat antar-calon wakil gubernur dan debat antar-calon gubernur.

"Terakhir closing statement, komitmen cagub dan cawagub. Intinya tentang mewujudkan Pilkada yang damai dan aman," kata Sumarno

Durasi debat cagub-cawagub putaran kedua sepanjang 150 menit. Rinciannya, 120 menit untuk debat dan 30 menit untuk iklan.

Pelaksanaan debat pada putaran kedua bekerja sama dengan empat TV penyelenggara, yakni CNN TV, Kompas TV, Jak TV, dan SCTV.

Keempat TV tersebut menjadi penyelenggara berdasarkan hasil pengundian pada 15 Maret 2017.

Meski TV penyelenggara hanya empat, debat putaran kedua nanti akan disiarkan secara langsung di 13 stasiun TV.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru