ITDC kebut penyelesaian kelengkapan Pertamina Mandalika International Street Circuit

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:26 WIB   Reporter: Vina Elvira
ITDC kebut penyelesaian kelengkapan Pertamina Mandalika International Street Circuit

ILUSTRASI. Foto udara tikungan ke 17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit . ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.


OLAHRAGA - JAKARTA. PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), tengah mengebut perampungan kelengkapan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Hal ini dilakukan seiring dengan event MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) 2021 seri Indonesia yang akan digelar pada 19 November-21 November mendatang.

Mengutip siaran pers yang diterima Kontan.co.id hari ini (26/10), kelengkapan yang tengah disiapkan ITDC dan MGPA antara lain, pengecatan kerb pada main track Sirkuit, pekerjaan konstruksi Pit Building, tahap finishing pada Race Control dan Observation Deck, pemasangan Grand Stand atau tribun penonton, serta pengisian fasilitas medis pada Medical Center.

"Pengecatan kerb ini dilakukan oleh perusahaan spesialis Race Track yakni Roadgrip yang berasal dari Inggris dengan subsidiary mereka yaitu, Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI)," ungkap Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah. 

Selanjutnya ada pengerjaan konstruksi pada Pit Building. Saat ini tengah dibangun Pit Building berkapasitas 50 garasi dengan total panjang 350 meter yang akan digunakan oleh para tim dan kru pembalap. Pit Building ini dibangun dengan sistem modular yang terdiri dari lantai dasar, lantai dua, dan lantai tiga.

Baca Juga: Tiket WorldSBK Indonesia 2021 dapat dibeli di lima platform digital travel

Secara lebih rinci, lantai dasar merupakan lokasi untuk para pembalap dan teknisi atau kru balap. Lantai dua merupakan tempat tribun penonton VVIP dan media center. Sementara lantai tiga merupakan tempat fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. 

Prasarana lainnya yaitu, Race Control yang merupakan lokasi supervisi jalannya balapan, saat ini sedang dalam tahap finishing fasad dan instalasi Race Electronics. Begitu pun dengan Observation Deck di area Sirkuit, yang juga dalam tahap finishing pada area toilet dan area drop of. 

Terkait tribun penonton, saat ini juga tengah dilakukan pemasangan grand stand yang tersebar di sejumlah titik di area Sirkuit. Grand stand ini ditargetkan akan selesai terpasang sebelum event berlangsung.

Sementara untuk fasilitas medis, saat ini sudah terpenuhi di Medical Center pada area Sirkuit, termasuk juga helipad. Untuk mendukung kebutuhan medis di area Sirkuit, tenaga medis yang ditugaskan pun telah diberikan pelatihan selama 6 hari. 

Beberapa pelatihan yang dilakukan antara lain, terkait evakuasi medis via Helikopter, Intervensi Car, Ambulance, Ground Post, dan Pit Lane Ground Post sebagai simulasi, apabila ada kecelakaan yang terjadi pada pembalap sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang ditentukan. 

“Melihat kelengkapan fasilitas dan kualitas sirkuit ini, kami optimistis dapat lolos proses homologasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Selain itu, dengan semua fasilitas pendukung yang tengah kami persiapkan, kami menyatakan siap menggelar kejuaraan balap motor internasional pertama di Pertamina Mandalika International Street Circuit yaitu WSBK Indonesia 2021 pada November mendatang," pungkasnya. 

Selanjutnya: Siap nonton World Superbike 19-21 November di Mandalika, ini daftar harga tiketnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru