Jadi klaster penyebaran corona, KSAD: Kegiatan di Secapa AD lanjut sesuai kurikulum

Minggu, 12 Juli 2020 | 07:02 WIB Sumber: Kompas.com
Jadi klaster penyebaran corona, KSAD: Kegiatan di Secapa AD lanjut sesuai kurikulum

ILUSTRASI. Suasana upacara Prasetya Perwira Pasis Diktukpa gelombang II dan Diktukpasus TNI AD TA 2017 di lapangan Wiradhika Secapa AD

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa mengatakan, kegiatan pendidikan di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat ( Secapa AD) di Bandung, Jawa Barat, masih berlangsung sesuai kurikulum. 

Meski begitu, kegiatan bersifat akademis sudah selesai. 

"Kegiatan mereka masih berlanjut sesuai kurikulum, kebetulan mereka sudah selesai semua jadwal yang bersifat akademis. Jadi ini adalah minggu-minggu terakhir sebelum ditutup pendidikannya, yang rencananya akhir bulan ini," kata Andika di Secapa AD Bandung, Sabtu (12/7). 

Baca Juga: 1.280 orang di Secapa AD positif corona, ketahuan dari ketidaksengajaan

Meski begitu, menurut Andika, pihaknya tetap mengawasi para siswa selama isolasi mandiri dilakukan di komplek Secapa AD, termasuk pola makan hingga waktu istirahat. 
"Jadi di dalam kegiatan sehari-hari sesuai jadwal mereka pun kita isolasi mereka. Tapi bukan di dalam barak saja, tetap keluar. Kita awasi dalam hal istirahat. Jam 9 istirahat malam, handphone mati, dengan harapan mereka punya jam istirahat yang cukup," kata Andika. 

"Kemudian setiap jam makan pun kita awasi. Setelah itu mereka juga olahraga yang tidak membuat mereka kelelahan," kata dia. 

Menurut Andika, sebagian besar siswa dan staf yang positif Covid-19 di Secapa AD adalah orang tanpa gejala (OTG). Meski begitu, pihaknya tetap membatasi mereka yang positif untuk berhubungan langsung dengan orang yang negatif. 

"Dari 1.200 yang di Secapa juga kan hampir semua tidak merasakan apa-apa. Positif itu diagnosa, tapi secara realita, mereka tidak merasakan apa-apa. Tapi tetap mereka dibatasi, supaya tidak berhubungan langsung dengan yang negatif," kata Andika.

Baca Juga: Update terakhir kondisi pasien corona klaster Secapa AD Bandung Jawa Barat membaik

Penulis : Kontributor Bandung, Agie Permadi
Editor : Abba Gabrillin

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "KSAD: Kegiatan di Secapa AD Masih Berlanjut Sesuai Kurikulum"

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru