kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45755,12   29,29   4.04%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jadi rujukan Covid-19, RSUD Pasar Minggu pindahkan sejumlah pasien lain


Kamis, 26 Maret 2020 / 22:11 WIB
Jadi rujukan Covid-19, RSUD Pasar Minggu pindahkan sejumlah pasien lain
ILUSTRASI. Para relawan penanganan Covid-19 menjalani pemeriksaan kesehatan di Wisma Atlet yang menjadi Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020). Ruangan di tower 7 lantai 1, 2, dan 3 Wisma Atlet dimodifikasi menjadi r

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Seksi Data, Informasi, dan Pelaporan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Verry Adrian mengatakan, sejumlah pasien yang dirawat di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dipindahkan ke rumahsakit lain. Tujuannya untuk menambah jumlah tempat tidur untuk pasien Covid-19, mengingat RSUD Pasar Minggu ditetapkan sebagai salah satu rumahsakit rujukan untuk merawat pasien Covid-19.

"Beberapa pasien dialihkan ke RS lain untuk memenuhi kapasitas RSUD Pasar Minggu sebagai RS rujukan penyakit infeksi emerging tersebut," ujar Verry, Kamis (26/3). Menurut Verry, tidak semua pasien bukan penderita Covid-19 dipindahkan ke rumahsakit lain. Masih ada sejumlah pasien lain yang tetap dirawat di RSUD Pasar Minggu. "Fungsi rumahsakit untuk menangani kegawatdaruratan juga tetap sebagaimana biasa dan tidak ada perubahan," kata Verry.

Baca Juga: Antisipasi corona, AS perintahkan keluarga pegawai Kedubes pulang dari Indonesia

Saat ini, ada 11 rumahsakit rujukan untuk pasien Covid-19 di DKI Jakarta. Delapan rumahsakit yang sudah terlebih dahulu menjadi rujukan adalah Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.  Kemudian, RSUP Fatmawati, Rumah Sakit Umum (RSU) Bhayangkara, Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, dan RSUD Pasar Minggu.

Kemudian, Pemprov DKI Jakarta menambah tiga rumahsakit second line untuk merawat pasien Covid-19. Tiga rumahsakit itu adalah Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Rumah Sakit Pelni, dan RSUD Tarakan.

Baca Juga: Wall Street menguat meski klaim pengangguran AS mencapai rekor tertinggi

Pemprov DKI Jakarta juga berencana menambah rumahsakit rujukan. Pemprov DKI berkomunikasi dengan grup-grup rumahsakit swasta untuk membahas potensi RS swasta menjadi RS rujukan. Per Kamis ini, total pasien positif Covid-19 di Jakarta mencapai 495 orang. Dari total 495 pasien, 29 orang dinyatakan sembuh, 48 pasien meninggal dunia. Adapun secara nasional, sebanyak 893 orang positif terinfeksi corona. Sebanyak 78 orang meninggal dan 35 orang sembuh. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jadi RS Rujukan Covid-19, RSUD Pasar Minggu Pindahkan Sejumlah Pasien Lain.



TERBARU

[X]
×