Jadwal & Cara Daftar SIMAK UI 2023, Dibuka 6 Juni 2023

Jumat, 02 Juni 2023 | 14:29 WIB   Reporter: kompas.com
Jadwal & Cara Daftar SIMAK UI 2023, Dibuka 6 Juni 2023

ILUSTRASI. Jadwal & Cara Daftar SIMAK UI 2023, Dibuka 6 Juni 2023


Simak UI - Siap-siap daftar Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) 2023. Berikut cara daftar SIMAK UNI yang perlu diperhatikan.

SIMAK UI adalah jalur mandiri untuk menjadi mahasiswa Universitas Indonesia. Jalur SIMAK UI terbuka untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Vokasi (D3 dan D4), S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3, Profesi, Magister, Doktor, dan Spesialis.

Berdasarkan informasi yang tercantum dalam laman resmi, pendaftaran SIMAK UI akan dibuka selama satu bulan, mulai 6 Juni 2023. Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia membenarkan bahwa 6 Juni 2023 adalah tanggal pendaftaran SIMAK UI untuk S1 Reguler, S1 Non-reguler, dan Vokasi. "Betul, tanggal 6 Juni 2023. SIMAK (S1 Reg, S1 Non-reg, Vokasi), " kata Amelita, saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (1/6/2023).

Jadwal SIMAK UI 2023

Dikutip dari laman resmi, SIMAK UI merupakan seleksi masuk untuk berbagai jenjang dan program pendidikan di UI. Nantinya, mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri ini harus membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor.

Berikut rincian jadwal SIMAK UI 2023:

  • Pendaftaran SIMAK UI: 6 Juni–6 Juli 2023
  • Ujian SIMAK UI: 9 Juli 2023
  • Pengumuman: 21 Juli 2023 pukul 16.00 WIB.

Baca Juga: Jalur Mandiri Undip 2023, Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Berbeda dengan sebelumnya, SIMAK UI 2023 tidak memberikan syarat bagi calon peserta untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT). Namun demikian, informasi mengenai persyaratan, pelaksanaan ujian, dan biaya pendaftaran baru akan diinformasikan menyusul.

Cara daftar SIMAK UI 2023

Sementara itu, pendaftaran jalur mandiri ini dilakukan melalui laman https://penerimaan.ui.ac.id. Sebagai gambaran, berikut tata cara daftar SIMAK UI, seperti dikutip dari laman resmi:

1. Membuat akun di situs penerimaan UI Klik "Buat Account" di kanan atas lalu isi formulir yang muncul.

2. Mengunggah foto berwarna ukuran 4x6 cm Foto harus diunggah sebelum membuat atau mengisi formulir pendaftaran.

3. Membuat pendaftaran Login menggunakan username dan password, lalu pilih menu "Buat Pendaftaran" untuk membuat pendaftaran baru.

4. Melakukan verifikasi pendaftaran Verifikasi dilakukan untuk memastikan peserta telah mengecek bahwa isian formulir pendaftaran dan pilihan program studi telah terisi dengan data yang benar. Serta, telah mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang dipilih.

5. Mengunggah berkas persyaratan pendaftaran Khusus untuk pendaftar Program Pascasarjana (S2, S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi dan yang memilih S1 Kelas Internasional.

6. Membayar biaya pendaftaran Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah peserta menyelesaikan semua tahapan pendaftaran di atas. Formulir pendaftaran dan pilihan program studi tidak dapat diubah lagi setelah peserta membayar biaya pendaftaran.

7. Mengunduh kartu ujian masuk Kartu ini harus dibawa ketika ujian seleksi masuk.

8. Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, peserta dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman. Baca

Di sisi lain, pembayaran biaya pendaftaran nantinya dapat dilakukan melalui ATM, teller, atau internet banking beberapa bank, termasuk: ATM: Bank BNI, Bank Permata, Bank Bukopin, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, Bank BTN, dan Bank BRI.

Internet/m-banking: Bank BNI, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, Bank BTN, Bank BRI Teller: Bank BNI, Bank BTN, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, Bank BRI. Self Service Terminal (SST): Bank CIMB Niaga.

Itulah jadwal dan cara daftar SIMAK UI 2023. Semoga Anda diterima di perguruan tinggi yang diimpi-impikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "SIMAK UI Dibuka 6 Juni 2023, Cek Jadwal dan Cara Daftarnya",


Penulis : Diva Lufiana Putri
Editor : Sari Hardiyanto

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru