Jakarta Investment Forum 2022 Tawarkan 15 Proyek Investasi Berkelanjutan

Selasa, 30 Agustus 2022 | 18:29 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Jakarta Investment Forum 2022 Tawarkan 15 Proyek Investasi Berkelanjutan

ILUSTRASI. Kawasan properti perkantoran di Jakarta, Jumat (26/8). ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/26/08/2022.


INVESTASI - JAKARTA. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Jakarta Investment Centre (JIC) berkolaborasi dengan U20 Mayors Summit dan Bank Indonesia (BI) akan menyelenggarakan Jakarta Investment Forum (JIF) 2022.

Ajang pada 1 September 2022 mendatang ini berlangsung secara offline dan virtual melalui channel Youtube Pemprov DKI Jakarta. Pendaftaran Peserta JIF 2022 sendiri telah dibuka melalui laman website invest.jakarta.go.id.

Perhelatan forum bisnis investasi tersebut diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 400 peserta. Terdiri dari kedutaan besar negara asing, perwakilan instansi pemerintah, perwakilan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), organisasi internasional, kamar dagang, investor, pihak swasta atau pelaku usaha, asosiasi dan organisasi nirlaba, serta para pemangku kepentingan lain.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra memaparkan tema Investing in Resilience sejalan dengan isu prioritas U20 dengan tema “Recover Together, Recover Stronger” pada 30-31 Agustus 2022. Sebagai acara yang terintegrasi, JIF 2022 dan U20 berfokus pada dua isu utama yakni tantangan pascapandemi dan perubahan iklim.

“JIF 2022 dilaksanakan terintegrasi dengan U20 Mayors Summit. Tema Investing in Resilience, sejalan dengan Rencana Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta 2023-2026  untuk mewujudkan regenerasi kota yang berketahanan dan berkelanjutan. Serta membuka peluang investasi berbasis environmental, social, and Governance (ESG),” papar Benni, Senin (29/8).

Direktur Eksekutif Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta, Onny Widjanarko menyampaikan. pemulihan ekonomi DKI Jakarta diperkirakan masih terus berlanjut. Pertumbuhan ekonomi pada tahun ini diperkirakan 5,3% sampai dengan 6,1% .Oleh sebab itu, pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan Jakarta Investment Forum 2022. Berharap agar momentum ini dapat dimanfaatkan secara optimal dengan membuka peluang investasi dalam mendukung potensi dan sumber pertumbuhan ekonomi baru.
 

"Pertumbuhan Jakarta lebih baik dibandingkan nasional. Dan pertumbuhan nasional lebih baik dari beebrapa negara lain. Kkami juga bekerja sama dengan 5 Kantor Perwakilan BI di Singapura, Tokyo, Beijing, London, dan New York untuk mempublikasikan event ini serta mempromosikan proyek-proyek dimaksud kepada calon investor potensial,” imbuh Onny.

Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Matt Downing menyampaikan bahwa pemerintah Inggris menyambut baik kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam mempromosikan Jakarta Investment Forum (JIF) 2022 yang mendukung usaha Jakarta menghadapi isu perubahan iklim.

Ada tujuh BUMD DKI Jakarta yang akan berpartisipasi dalam JIF 2022. Mereka adalah PT. MRT Jakarta; PT. Transportasi Jakarta; PT Jakarta Propertindo; PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero); PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP); Jakarta Experience Board (JXB) dan Perumda Sarana Jaya.

Ada 15 proyek investasi pembangunan kota.
1. Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter;
2. LRT Jakarta Fase 2A (Jakarta International Stadium - Rajawali);
3. LRT Jakarta Fase 3A (Jakarta International Stadium - Rajawali);
4. MRT Fase 3 (East-West);
5. MRT Fase 4 (Fatmawati-TMII);
6. South Jakarta Mix-Used Development;
7. Bus Listrik TransJakarta;
8. Stasiun Pengisian Baterai (Charging Station);
9. Pulau Seribu - Eco Resort dan Eco Theme Park;
10. Wisata Medis bagi Lansia (Health Tourism for Seniors);
11. LandmarkJakarta;
12. SentraPrimerTanahAbang;
13. PLTS Atap;
14. InstalasiLimbahBerbahayadanBeracun(B3);dan
15. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) Masterplan Inc. Plot 4 Project

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru