Jakarta perketat PSBB, Gubernur Ganjar: Kami siap siaga

Senin, 14 September 2020 | 08:30 WIB Sumber: Kompas.com
Jakarta perketat PSBB, Gubernur Ganjar: Kami siap siaga

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menyambangi kantor Tribun Network, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2020). Tribunnews/Irwan Rismawan


PSBB - SEMARANG. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan langkah antisipasi jika DKI Jakarta kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid dua.

"Kami siap-siap, apakah ada gelombang pemudik, dishub kami minta siaga. Sudah dapat bocorannya, bahwa tidak ada surat keluar masuk, hanya checking suhu dan tidak semuanya ditutup. Meskipun ini belum putus, tapi setidaknya komunikasi awal dengan Pemda DKI Jakarta sampai sejauh ini berjalan lancar," kata Ganjar, Minggu (13/9).

Ganjar juga aktif berkomunikasi dengan pemerintah pusat termasuk dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Satgas Covid-19 pusat dan lainnya. "Termasuk nasib warga kami yang tidak bisa pulang, apakah akan di-cover Jaring Pengaman Sosial (JPS) atau tidak. DKI mengatakan akan menyiapkan dapur umum di setiap RW, silakan masuk saja dengan KTP. Informasi ini awal yang baik bagi kami," tegasnya.

Disinggung terkait kondisi anggaran Jawa Tengah untuk memberikan bantuan kepada warga yang berdomisili di Jabodetabek apabila benar-benar dilakukan PSBB, Ganjar mengaku, seluruh anggaran sudah habis.

Baca Juga: Kemenhub sebut tidak ada penerapan SIKM seperti di masa PSBB sebelum masa transisi

"Makanya kenapa kami proaktif tanya dulu ini kepada Pemda DKI dan pusat, agar kami siap-siap. Kami siaga. Maka komunikasi awal menjadi penting," tegasnya. Ganjar menegaskan, Jawa Tengah tidak menyiapkan anggaran untuk rencana PSBB DKI Jakarta jilid dua ini.

Maka, pihaknya meminta kepastian dari Pemda DKI dan Pemerintah Pusat terkait hal itu. "Tujuannya, kalau benar-benar terjadi (PSBB), semuanya sama-sama siap. Nanti saya bisa carikan cara yang lain. Kalau sudah ada kepastian, saya bisa menghitung dan menyiapkannya. Kalau dilakukan secara tiba-tiba, kan kaget semuanya," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jakarta Terapkan PSBB Total, Gubernur Ganjar: Kami Siap Siaga.
Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia
Editor: Dony Aprian

Baca Juga: PSBB Jakarta, pertaruhan kesehatan dan ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru