Jakarta Siap Jadi Kota Pariwisata Internasional, Bakal Ada Paket Wisata Tematik

Jumat, 15 Maret 2024 | 03:45 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Jakarta Siap Jadi Kota Pariwisata Internasional, Bakal Ada Paket Wisata Tematik

ILUSTRASI. Pemprov DKI Jakarta melalui Disparekraf tengah mempersiapkan paket wisata tematik di Jakarta. KONTAN/Fransiskus Simbolon


JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) tengah mempersiapkan paket wisata tematik di Jakarta. 

Pemprov DKI akan berkolaborasi dengan para stakeholder yang akan membuat paket wisata bertema leisure tourism, business, MICE, student, dan minat khusus untuk memanjakan wisatawan asing.

Melansir laman Infopublik.id, Kepala Disparekraf DKI Jakarta Andhika Permata, menyampaikan bahwa Jakarta memiliki banyak destinasi wisata yang eksotis di berbagai wilayah. Sebut saja wisata sejarah di Kota Tua, wisata kuliner, wisata fashion atau perbelanjaan di Tanah Abang dengan kemudahan mobilisasi wisatawan untuk berkunjung dari satu destinasi ke tempat lainnya.

"Kondisi tersebut juga ditunjang dengan aksesibilitas transportasi yang sudah terintegrasi antarmoda dan memudahkan wisatawan untuk menjelajahi Jakarta. Berbagai jenis akomodasi juga mudah ditemui di Jakarta, dari hotel berbintang hingga penginapan yang menawarkan pengalaman hidup layaknya warga lokal ibu kota," ujar Andhika.

Ia juga mengatakan bahwa Jakarta juga memiliki destinasi wisata seperti Monas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kawasan kuliner di Jalan Sudirman hingga Thamrin, pusat kebudayaan, serta destinasi bahari yang sungguh indah laut dan pantainya di Kepulauan Seribu.

Ketua DPD Indonesia Inbound Tour Operators Association (IINTOA) DKI Jakarta Hanien Chang mengatakan bahwa Jakarta adalah kota pariwisata. Maka dari itu pihaknya akan berkolaborasi dengan Disparekraf DKI Jakarta untuk mengembangkan potensi wisata di Jakarta guna dinikmati wisatawan dari mancanegara.

"Pada HUT Kota Jakarta nanti, kami akan berkolaborasi dengan Dinas Parekraf DKI Jakarta untuk merencanakan agenda pemasaran pariwisata di Jakarta. Semoga hal itu dapat berlangsung dengan baik dan lancar,” ujar Hanien. 

Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) sekaligus Sekjen Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan President Federation of ASEAN Travel Association (FATA), Pauline Suharno, yang menyatakan bahwa Jakarta adalah kota global berkelanjutan dengan berbagai fasilitas umum bertaraf internasional telah memadai untuk menunjang sektor pariwisata dunia.

"Dari berbagai kota di belahan dunia yang pernah saya kunjungi, menurut saya Jakarta is developing. Hal itu juga diungkapkan rekan-rekan bisnis saya dari berbagai mancanegara dan mereka takjub melihat perkembangan kota ini. Mulai dari transportasi umum MRT, LRT, Whoosh, pusat perbelanjaan, dan beragam kuliner menarik lainnya," ujar Pauline.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru