kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jalan Sudirman-MH Thamrin ditutup malam tahun baru


Jumat, 23 Desember 2016 / 08:03 WIB
Jalan Sudirman-MH Thamrin ditutup malam tahun baru

Berita Terkait

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyelenggarakan "car free night" pada malam pergantian tahun atau pada 31 Desember 2016 mendatang di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, akan ada penutupan jalan serta rekayasa lalu lintas untuk pelaksanaan "car free night".


"Kami mulai penutupan jalan dari jam 17.00, full tutup pukul 18.00 sampai pukul 02.00 pada 1 Januari 2017," kata Andri, kepada wartawan, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (22/12).

Adapun konsep "car free night" ini tak jauh berbeda dengan pelaksanaan "car free day" setiap hari Minggu.

Sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin dibuka untuk pejalan kaki. Tidak boleh ada kendaraan bermotor yang melintas selama pelaksanaan "car free night".

Selain itu, akan ada empat panggung hiburan yang akan didirikan di sepanjang jalur "car free night".

Panggung pertama di sisi Barat Monumen Nasional (Monas). Kemudian di depan Hotel mandarin atau Jalan Imam Bonjol, kawasan Bendungan Hilir (Benhil), dan depan Mall fX.

Karena "car free night" dilaksanakan hingga 1 Januari 2017 pukul 02.00, maka "car free day" ditiadakan.

"Nanti Transjakarta beroperasional seperti biasa, tidak boleh berhenti. Baik 'car free day' atau 'car free night', Transjakarta tetap jalan. Karena itu juga merupakan salah satu transportasi masyarakat untuk menuju ke mana saja," kata Andri.

Terkait pengalihan arus lalu lintas, Dishubtrans masih akan berkomunikasi dengan Dinas Komunikasi, Informasi, dan Kehumasan (Diskominfomas) DKI Jakarta untuk menyampaikan keterangan resmi.

Hanya saja, lanjut dia, pengalihan arus lalu lintas pada "car free night" tak berbeda dengan saat pelaksanaan "car free day".

Di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, kata dia, banyak jalan alternatif lain yang dapat dilintasi.

"Kami akan sosialisasikan kepada masyarakat, terutama terhadap gedung-gedung yang ada di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, khususnya untuk menyediakan kantong parkir," kata Andri.

Nantinya, akan ada 300 petugas Dishubtrans DKI Jakarta yang berjaga selama pelaksanaan "car free night". Dishubtrans DKI akan dibantu oleh pihak kepolisian.

Selain itu, Dishubtrans DKI Jakarta juga menyiagakan 3.000 petugas untuk berjaga di semua lokasi perayaan malam pergantian tahun, seperti di Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Kota Tua, dan lain-lain. (Kurnia Sari Aziza)




TERBARU

Close [X]
×