Jamin Ketersediaan Bahan Pangan Pokok, Kementan Minta Warga Tak Panik

Rabu, 27 April 2022 | 21:38 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Jamin Ketersediaan Bahan Pangan Pokok, Kementan Minta Warga Tak Panik


AGRIBISNIS -  BEKASI. Kementerian Pertanian (Kementan) bekerjasama dengan Muspida Kota Bekasi dan Mitra Petani menyelenggarakan Pasar Tani Ramadan di Alun-alun Kota Bekasi untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Pasar Tani Ramadan yang menjual 12 kebutuhan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau itu sebagai wujud jaminan dari Kementan bahwa bahan pangan pokok di Kota Bekasi aman. Kementan mengimbau masyarakat tak perlu panik dalam memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menuturkan, kebutuhan pangan pokok rakyat tak boleh terganggu oleh apapun. Itu sebabnya, ia meminta kepada seluruh jajarannya untuk turun ke lapangan memastikan ketersediaan bahan pangan pokok untuk kebutuhan masyarakat.

"Pangan itu merupakan kebutuhan mendasar masyarakat yang menjadi salah satu tujuan pembanguan nasional kita. Tentu saja ketersediaannya harus dijamin. Oleh karenanya, saya minta seluruh jajaran saya turun ke lapangan, ke pasar-pasar dan lain sebagainya untuk memastikan hal itu," kata Syahrul  seperti dikutip dari siaran pers Kementan, Rabu (27/4).

Baca Juga: Ekonom: Mudik Lebaran Jadi Sumbangan Positif bagi PDB Kuartal II-2022

Menindaklanjuti imbauan Syahrul, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa pada Sabtu dan Minggu tiap pekannya seluruh jajarannya turun ke lapangan untuk memastikan ketersediaan 12 bahan pangan pokok tersebut. 

"Jadi, setiap Sabtu dan Minggu kami monitoring untuk memastikan ketersediaan bahan pangan, utamanya 12 bahan pangan pokok. Hasilnya, ketersediaan 12 bahan pangan pokok aman," kata Dedi usai membuka Pasar Tani Ramadan, Rabu (27/4/2022).

Diakuinya, beberapa waktu lalu sempat terjadi ketersendatan pasokan minyak goreng, utamya minyak goreng jenis curah. "Tapi sekarang sudah berlimpah, utamanya minyak goreng kemasan. Memang ada kenaikan, tapi kemarin Bapak Presiden sudah mengeluarkan Perpres untuk tidak diekspor. Jadi ketersediaannya saat ini berlimpah," ujar Dedi. 

Oleh karenanya, Dedi meminta masyarakat tak perlu khawatir mengenai ketersediaan 12 bahan pangan pokok di pasaran. "Saya imbau masyarakat tidak perlu khawatir, tidak perlu ada panic buying, tak perlu antre, karena ketersediaan bahan pangan pokok kita banyak. Sekali lagi kami memastikan bahwa pangan di Kota Bekasi aman," kata Dedi.

Baca Juga: Kementan: Jumlah Penyaluran Pupuk Bersubsidi Bulan Juli 2022 Masih Dibahas

Dedi ingin memastikan bahwa masyarakat dapat dengan tenang dalam menyambut Idul Fitri 1443 H yang tinggal beberapa hari lagi saja. "Jaga ketenangan. Untuk menyambut Idul Fitri kami ingin masyarakat kondisinya nyaman. Maka, kami memastikan dan menjamin bahwa ketersediaan 12 bahan pangan pokok itu aman," tegas Dedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru