Jangan coba-coba mudik, jalur tikus juga dipantau polisi

Selasa, 13 April 2021 | 06:33 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan coba-coba mudik, jalur tikus juga dipantau polisi

ILUSTRASI. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mengantisipasi sekaligus memetakan beberapa jalur yang kemungkinan dilalui oleh masyarakat ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Berkaca dari tahun lalu, banyak masyarakat yang masih nekat melakukan mudik meski telah dilarang oleh pemerintah. Biasanya, mudik dilakukan bukan lewat jalan-jalan utama, melainkan jalur tikus.

Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mengantisipasi sekaligus memetakan beberapa jalur yang kemungkinan dilalui oleh masyarakat atau pengendara untuk melakukan mudik Lebaran 2021. 

Termasuk di dalamnya ialah jalur-jalur tikus seperti kawasan pedesaan serta alternatif, sehingga dipastikan tidak ada kendaraan yang keluar wilayah DKI Jakarta. 

“Jalur-jalur tikus sudah dipetakan dan dibuatkan penyekatan. Penjagaan di setiap jalur tikus,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo di keterangannya, Senin (12/4/2021). 

Baca Juga: Agar tak ada kendaraan yang keluar dari Jakarta 6-17 Mei, ini langkah Polda Metro

Sambodo menambahkan, polisi juga akan memeriksa setiap kendaraan yang melintas di sejumlah titik penyekatan. Hal itu tentunya berlaku pula bagi truk dan ambulans. Langkah ketat tersebut dilakukan dalam upaya menjalankan amanat dari pemerintah pusat untuk mencegah aktivitas mudik Lebaran 2021 supaya potensi penyebaran Covid-19 bisa ditekan. 

“Pemeriksaan setiap kendaraan yang lewat, termasuk bak truk, ambulance,” ujarnya. 

Ia juga menyatakan bahwa saat ini sudah ada delapan titik yang akan menjadi lokasi penyekatan dan dimulai sejak 6 Mei 2021 sampai 17 Mei 2021. Rinciannya, dua titik di jalan tol, tiga titik di jalan arteri, dan tiga titik di terminal. Lalu, ada pula delapan titik tambahan yang akan dilakukan survei lebih jauh. 

Baca Juga: Ada yang diizinkan bepergian, ini aturan perjalanan dengan pesawat terbang terbaru

“Titiknya ada dua di tol, tiga di arteri dan tiga di terminal,” kata dia. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru