Jasamarga Bali Tol Proyeksi Puncak Volume Lalu Lintas Libur Lebaran pada Jumat (12/4)

Kamis, 11 April 2024 | 20:15 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Jasamarga Bali Tol Proyeksi Puncak Volume Lalu Lintas Libur Lebaran pada Jumat (12/4)

ILUSTRASI. PT Jasamarga Bali Tol (PT JBT) memprediksi puncak volume lalu lintas libur Idulfitri di Pulau Bali akan terjadi pada hari Jumat, 12 April 2024


JALAN TOL - DENPASAR. PT Jasamarga Bali Tol (PT JBT) pengelola Jalan Tol Bali Mandara (Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa) memprediksi puncak volume lalu lintas (lalin) libur panjang Idulfitri 1445 H di Pulau Bali akan terjadi pada hari Jumat, 12 April 2024. 

Untuk mengantisipasi peningkatan arus wisata di Bali, PT JBT menyiapkan strategi apabila terjadi kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Bali Mandara. 

Direktur Utama PT JBT, I Ketut Adiputra Karang, menyatakan, pihaknya menyadari bahwa Pulau Bali menjadi tujuan utama bagi banyak wisatawan selama libur panjang Idulfitri. 

"Sejak H-10 Hari Raya Idul Fitri 1445 H hingga tanggal 10 April, rata-rata jumlah kendaraan yang melintasi Tol Bali Mandara tercatat sejumlah 44 ribu kendaraan. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat hingga prediksi puncak arus wisata pada tanggal 12 April 2024. Oleh karena itu, PT JBT berkomitmen untuk memastikan kelancaran dan keselamatan semua pengguna jalan yang melintas di jalan Tol Bali Mandara," jelas I Ketut Adiputra Karang, Kamis (11/4). 

Baca Juga: Inilah Destinasi Favorit Libur Lebaran versi Igloo

Jalan Tol Bali Mandara merupakan penghubung tiga kawasan strategis, yaitu bandara internasional I Gusti Ngurah Rai, Kawasan Wisata Nusa Dua, dan Kota Denpasar. 

Kawasan Nusa Dua merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan karena memiliki spot wisata menarik di antaranya Pantai Melasti, Pantai Pandawa, Watersport Tanjung Benoa. Area wisata tersebut diperkirakan akan ramai oleh pengunjung selama periode libur panjang Hari Raya Idulfitri 1445H.

Salah satu strategi dalam menjaga pelayanan di Jalan Tol Bali Mandara yang aman dan lancar dengan menyiapkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Jasamarga Bali Tol Siaga. Tim Satgas Jasamarga Bali Tol Siaga akan senantiasa siaga dalam mengantisipasi penanganan kondisi darurat, dengan memprioritaskan aspek keamanan dan keselamatan sehingga penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

Sebagai antisipasi terhadap arus wisata di Bali selama libur panjang Idulfitri, PT JBT menyiapkan petugas yang siaga 24 jam dan armada operasional seperti kendaraan derek, rescue, kendaraan Mobile Customer Service (MCS) dan kendaraan ambulans yang siaga selama 24 jam. 

Selain itu PT JBT juga memastikan seluruh gardu pada ketiga GT dapat beroperasi dengan optimal. PT JBT juga menyiagakan 4 mobile reader (MR) di setiap gerbang tol (GT) baik itu di GT Benoa, GT Ngurah Rai maupun GT Nusa Dua. Jika terjadi antrian, petugas akan menjemput bola dengan menggunakan MR untuk mempercepat waktu transaksi pembayaran tol. 

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1445 H dengan baik. 

Baca Juga: Puncak Arus Mudik, Pergerakan Penumpang 35 Bandara InJourney Airports Naik 21%

Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan saldo uang elektronik, tetap mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan. Khusus bagi pengendara kendaraan roda dua di Jalan Tol Bali Mandara,  untuk keselamatan selama perjalanan di jalan tol wajib menggunakan helm.

Selain itu, pengguna jalan tol diharapkan dapat mengelola waktu perjalanan menuju tempat wisata untuk mengantisipasi kepadatan di sekitar objek wisata yang berada di sekitar Jalan Tol Bali Mandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru