Jateng kejar pembangunan pabrik garam tahun ini

Kamis, 03 Agustus 2017 | 15:10 WIB Sumber: Antara
Jateng kejar pembangunan pabrik garam tahun ini


BOYOLALI. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong percepatan realisasi pembangunan pabrik garam di provinsi setempat guna memenuhi pasokan garam di tingkat nasional.

"Saya sudah kumpulkan kemarin, saya minta (pembangunan pabrik garam) dipercepat dan saya minta tahun ini dikerjakan," katanya di sela melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Boyolali, Kamis (3/8).

Ganjar mengungkapkan bahwa saat ini rencana pembangunan pabrik garam di Provinsi Jateng sudah memasuki tahap feasibility study yang merupakan kerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi (BPPT).

Pemerintah Provinsi Jateng berencana membiayai pembangunan pabrik garam melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai rekan kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Negara Korea Selatan dan Tiongkok menawarkan investasi berupa alat yang canggih dan tidak membutuhkan matahari dalam memproduksi garam," ujarnya.

Mengenai lokasi pembangunan pabrik garam, Ganjar menyebutkan ada beberapa kabupaten di Provinsi Jateng yang menjadi pilihan.

"Ada beberapa titik, seperti Kabupaten Pati, Rembang, dan Jepara. Yang siap Pati. Kalau bisa uji coba di lima titik, bisa disebar agar ada perbandingan kualitas garam yang diproduksi," katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng Lalu M. Syafriadi juga berharap rencana pembangunan pabrik garam berkapasitas besar dapat segera direalisasikan.

"Pembangunan pabrik garam bertujuan menjaga keberlanjutan produksi dan terjaminnya kualitas garam yang dihasilkan," ujarnya.

Jika pabrik garam sudah selesai dibangun, DKP Jateng akan melakukan pembinaan terhadap kelompok-kelompok petani hamparan garam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Berita Terkait


Terbaru