Jateng siapkan KUR berbunga 2%

Senin, 21 Maret 2016 | 14:31 WIB Sumber: Kompas.com
Jateng siapkan KUR berbunga 2%


JAKARTA. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam waktu dekat akan menyiapkan kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga sangat rendah. KUR ditujukan bagi warga miskin di pedesaan yang hendak berwirausaha.

“Kami lagi coba buat kredit usaha baru, maksimal pinjaman Rp 2 juta dengan bunga 2% setahun,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sela pelantikan Bupati Grobogan di Gedung Gradika Bhakti Praja Semarang, Senin (21/3).

Kata Ganjar, dana untuk KUR dikumpulkan dari dana pertanggungjawaban sosial perusahaan atau coorporate social responbility (CSR). Saat ini, anggaran untuk itu telah tersedia Rp 50 miliar. “Diharapkan, orang miskin bisa diberi fasilitas, tidak sekadar diberi bantuan,” imbuhnya.

Selain bunga KUR sebesar 2% dari dana CSR, pemerintah Jateng juga sedang menggenjot dan memperbanyak unit usaha kecil dan menengah. Kata Ganjar, KUR untuk mereka dengan bunga rendah telah difasilitasi pemerintah. “Sekarang lagi mau dicoba dari Bank Jateng untuk tingkat daerah akan diterapkan bunga rendah 7% setahun,” tuturnya.

Dengan pemberian kredit ini, Ganjar berharap semakin banyak usaha baru yang bermunculan, sehingga mengurangi angka kemiskinan di daerah. (Nazar Nurdin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru