Jokowi akan upgrade alun-alun kabupaten/kota

Jumat, 08 Februari 2019 | 16:04 WIB   Reporter: Abdul Basith
Jokowi akan upgrade alun-alun kabupaten/kota


JOKOWI - CIANJUR.  Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengembangkan alun-alun di kabupaten dan kota. Hal itu diungkapkan setelah meresmikan alun-alun Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jokowi mengakui kecantikan alun-alun Kabupaten Cianjur.

"Saya tadi lirak-lirik memang bagus, ini akan jadi inspirasi," ujar Jokowi sebelum mengelilingi alun-alun Kabupaten Cianjur, Jumat (8/2). Pengembangan tersebut akan diterapkan pada 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Namun, pengembangan tersebut tidak dilakukan secara langsung.

Pengembangan tersebut akan mengembalikan fungsi dari alun-alun. Jokowi bilang sejak dahulu alun-alun telah menjadi ruang publik tempat masyarakat berkumpul. "Alun-alun adalah ruang publik, ini adalah ruang sosial, ini adalah ruang budaya, ini adalah ruang demokrasi juga," terang Jokowi.

Alun-alun tersebut terletak berdampingan dengan Masjid Agung Kabupaten Cianjur. Pada alun-alun tersebut terdapat area bermain bagi anak-anak. Terlihat pula sejumlah gubuk yang menjajakan panganan khas Cianjur. Ada pula pertunjukkan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul dan mengadakan pertunjukan.

Pada peresmian tersebut Jokowi terlihat didampingi oleh Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno, Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Cianjur Herman Suherman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru