Jokowi akhirnya berkunjung di Sukajaya setelah sempat gagal mendarat

Selasa, 07 Januari 2020 | 11:22 WIB Sumber: Kompas.com
Jokowi akhirnya berkunjung di Sukajaya setelah sempat gagal mendarat

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo secara mendadak meninjau Waduk Pluit, Jakarta Utara, Jumat Pagi, 3 Januari 2020.


BANJIR - JAKARTA. Presiden Joko Widodo meninjau Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, yang terisolir karena banjir dan longsor, Selasa (7/1/2020) pagi.

Ada enam desa di kecamatan itu yang ditinjau Jokowi, yakni Desa Kiarapandak, Desa Kiara Sari, Desa Urug, Desa Pasir Madang, Desa Cisarua dan Desa Cileuksa. Berdasarkan foto yang didokumentasikan fotografer Kepresidenan Agus Soeparto, Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih serta sneakers hitam saat meninjau lokasi.

Baca Juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo desak pemerintah perkuat armada patroli di Natuna

Jokowi berjalan di tanah yang penuh lumpur pasca-dilanda longsor. Kepala Negara didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Kesehatan Terawan dan Menteri Sosial Juliari Batubara.

Jokowi harusnya berkunjung ke Sukajaya pada Minggu (5/1/2020) lalu. Namun Helikopter Jokowi gagal mendarat karena cuaca buruk. Akhirnya Jokowi hanya memantau kondisi Sukajaya dari udara.

Saat itu Jokowi menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membuka akses daerah di Sukajaya yang terisolasi.

Baca Juga: Luncurkan sistem izin layanan cepat, KKP klaim terbitkan ratusan izin tangkap

“Bapak Presiden memberikan instruksi kepada kami untuk melakukan berbagai upaya agar secepatnya akses ke desa-desa yang terisolir segera terbuka sehingga bantuan dapat segera disalurkan,” kata Kepala BNPB Doni Monardo, sepertu dikutip dari siaran pers resmi Istana Kepresidenan, Minggu (5/1/2020). (Ihsanuddin)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sempat Gagal Mendarat, Jokowi Akhirnya Injakkan Kaki di Sukajaya",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru