Jokowi Bakal Upacara Memperingati Kemerdekaan ke-79 RI di IKN

Kamis, 07 Maret 2024 | 14:32 WIB   Reporter: Leni Wandira
Jokowi Bakal Upacara Memperingati Kemerdekaan ke-79 RI di IKN

IKN NUSANTARA-JAKARTA. Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melangsungkan upacara memperingati kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang di IKN. Pasalnya, pembangunan IKN tahap pertama itu sudah hampir selesai.

"Pembangunan IKN dengan pembiayaan APBN tahap pertama sudah mencapai 73 persen. Ini sudah termasuk pembangunan Istana Negara, kantor Kemenko, dan infrastruktur dasar," papar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono dalam ses market sounding skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) IKN sektor perumahan di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

"Maka dari itu, kalau ditanya apakah 17 Agustus akan terwujud (upacara di IKN), kita jawab iya. Untuk pertama kalinya, upacara kemerdekaan dilangsungkan di ibu kota yang bukan dibangun kolonial, tapi dibangun bangsa Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga: OIKN Pastikan Kesiapan Fasilitas ASN yang Pindah Ke IKN

Upacara tersebut, kata Agung, tentunya juga bakal dihadiri ASN, TNI, dan Polri. Adapun terkait pembangunan itu sendiri, otorita IKN menjelaskan bahwa di tahun ini tidak hanya membangun Istana Negara dan kantor Kemenko, tetapi juga menargetkan pembangunan 47 tower.

Masing-masing tower, lanjut Agung, tersedia 60 unit yang nantinya akan menjadi hunian bagi para peserta upacara di IKN pertama kali. "Ditargetkan Agustus menjadi tempat bagi para peserta upacara, ASN, TNI/Polri yang akan upacara pertama kali," jelasnya.

Agung menegaskan bahwa pembangunan tidak hanya bersumber dari APBN. Di tahun ini, kata dia, China dan Malaysia akan menanamkan modalsektor properti di IKN dengan nilai keseluruhan mencapai Rp40 triliun.

Baca Juga: IKN Dapat Hibah Baru Dari Amerika Serikat Sebesar US$ 2 Juta

Tidak hanya itu, investasi Ciputra Group juga akan direalisasikan pada tahun ini dengan mengembangkan kota mandiri yang dilengkapi sejumlah fitur, seperti perumahan, komersil, lapangan golf, dan janapada di kawasan Kota Nusantara. Namun, nilai investasinya belum diketahui.

Agung lantas menegaskan bahwa proyek pembangunan properti dari dua investor asing dan Ciputra Group itu masih dalam proses evaluasi studi kelayakan. Meski demikian, Otorita IKN ditargetkan mulai melakukan tender sekitar April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .
Terbaru