Jokowi Bangga, Sepatu Merek Hoka Mampu Tembus Pasar Amerika Serikat

Sabtu, 27 Juli 2024 | 15:14 WIB   Reporter: Handoyo
Jokowi Bangga, Sepatu Merek Hoka Mampu Tembus Pasar Amerika Serikat

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas ekspor perdana sebanyak 16 ribu pasang sepatu merek Hoka ke Amerika Serikat Jumat (26/7)


EKSPOR - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas ekspor perdana sebanyak 16 ribu pasang sepatu merek Hoka ke Amerika Serikat Jumat (26/7).

Acara yang berlangsung di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah ini, merupakan tonggak penting bagi PT Yih Quan Footwear Indonesia, sebuah perusahaan alas kaki terkemuka asal Taiwan yang baru saja memulai investasi pertamanya di Indonesia.

Operasional pabrik Yih Quan Footwear Indonesia di KIT Batang, menurut Presiden, merupakan langkah signifikan bagi Lai Yih Group setelah 20 tahun berinvestasi di Vietnam. Investasi Lai Yih Group di KIT Batang mencapai Rp1,7 triliun dan menjadi investasi padat karya pertama di kawasan tersebut.

Baca Juga: Luhut Pandjaitan Beberkan Alasan Pemerintah Luncurkan Golden Visa

“Investasi Lai Yih Group di KIT Batang ini senilai Rp1,7 triliun merupakan investasi padat karya pertama di KIT Batang yang nantinya mampu menyerap kurang lebih 13 ribu pekerja/karyawan, termasuk tenaga kerja konstruksi,” ucap Presiden.

Acara pelepasan ekspor ini menandai langkah penting dalam upaya pemerintah untuk mendorong ekspor dan menciptakan lapangan pekerjaan di sektor industri. Diharapkan, melalui langkah ini, industri alas kaki Indonesia dapat semakin berkembang dan memperkuat posisi negara sebagai pemain utama dalam pasar global.

Pentingnya Investasi dan Ekspor Bagi Ekonomi Indonesia

Ekspor perdana ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan daya saing industri nasional. Investasi asing seperti yang dilakukan oleh Yih Quan Footwear Indonesia tidak hanya membawa modal dan teknologi, tetapi juga membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan keterampilan tenaga kerja lokal.

Selain itu, ekspor produk Indonesia ke pasar internasional, terutama ke Amerika Serikat, menunjukkan kualitas dan daya saing produk dalam negeri yang mampu memenuhi standar global. Hal ini juga memperkuat citra positif Indonesia sebagai basis produksi yang handal dan kompetitif.

Baca Juga: Klarifikasi Inisial T di Balik Judi Online, Bareskrim Akan Panggil Benny Rhamdani

Harapan Masa Depan

Dengan terus meningkatnya investasi asing dan ekspor produk-produk berkualitas, diharapkan Indonesia dapat mengurangi ketergantungan pada impor dan memperkuat perekonomian nasional.

Langkah-langkah strategis seperti yang dilakukan oleh PT Yih Quan Footwear Indonesia diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk ikut serta dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui investasi dan ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru