CLOSE [X]

Jokowi resmikan dua bendungan di Jawa Timur, begini harapan petani setempat

Selasa, 30 November 2021 | 21:12 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Jokowi resmikan dua bendungan di Jawa Timur, begini harapan petani setempat

Presiden Joko Widodo berdialog dengan petani sekitar saat meresmikan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021).


KONTAN.CO.ID - TRENGGALEK. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tugu di Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Bojonegoro, Jawa Timur.

Kedua bendungan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Terutama pada sektor pertanian yang mendapatkan aliran air.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden sudah membangun bendungan di desa kami. Bangunan ini sangat ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat karena yang pertama bisa mengendalikan banjir di Trenggalek, yang kedua saya selaku petani sawah harapan saya ke depan saya bisa panen tiga kali,” ucap Sutrisno, saat berbincang dengan Jokowi usai peresmian Bendungan Tugu, Selasa (30/11).

Selain Sutrisno, Ainur Rofiq, seorang petani lainnya berharap agar keberadaan kedua bendungan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Trenggalek. Tidak hanya pada sektor pertanian tetapi juga pada sektor pariwisata. “Adanya bendungan masyarakat punya rute baru untuk berpariwisata,” tuturnya.

Baca Juga: Tanam padi di Trenggalek, Jokowi: Tahun ini, Indonesia belum impor beras

Asal tahu saja, pembangunan Bendungan Tugu memakan biaya Rp1,69 triliun. Bendungan tersebut akan mampu menampung air sebanyak 12 juta meter kubik yang memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare (ha).

Sementara yang kedua adalah Bendungan Gongseng terletak di Bojonegoro. Bendungan tersebut memiliki kapasitas daya tampung sebanyak 22 juta meter kubik dengan kemampuan pengairan mencapai 6.200 ha.

Kedua bendungan tersebut diyakini Jokowi akan memberikan manfaat pada sektor pertanian. Adanya saluran irigasi akan meningkatkan produktivitas pertanian. "Kita harapkan dengan tambahan dua bendungan ini aktvitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat. Petani semakin produktif," jelas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru