Infrastruktur

Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatra dari Bakauheni ke Palembang

Selasa, 26 Januari 2021 | 12:12 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Jokowi resmikan jalan tol Trans Sumatra dari Bakauheni ke Palembang

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Kayu Agung-Palembang, Selasa (26/1).

Jalan tol tersebut dinilai menjadi bagian terpenting dalam ruas tol Trans Sumatra. Selesainya ruas Kayu Agung-Palembang akan menghubungkan antara Bakauheni di ujung selatan dengan Palembang.

"Poros utama backbone Sumatera bagian selatan ruas terakhir yang menghubungkan pelabuhan bakahuni bisa tembus sampai ke Palembang," ujar Jokowi saat meresmikan jalan tol, Selasa (26/1).

Jokowi menyebut saat ini jalan tol sepanjang 373 kilometer (km) telah menghubungkan Bakauheni dengan Palembang. Hal itu akan lebih membuat jarak termpuh menjadi efisien.

Baca Juga: Jokowi ke Palembang untuk resmikan jalan tol

Sebelumnya perjalanan dari Bakauheni ke Palembang ditempuh selama 12 jam. Adanya jalan tol Trans Sumatra, waktu tersebut terpangkas hanya menjadi 3,5 jam.

"Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu, waktu tempuh hingga 75%," terang Jokowi.

Jokowi yakin hal tersebut akan meberikan efisiensi di sektor logistik. Sehingga nantinya biaya logistik akan ikut terpangkas dan berdampak pada peningkatan daya saing industri.

Sebagai informasi, total panjang jalan tol trans Sumatra mencapai 2.878 km. Nantinya tol tersebut akan membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama.

Selanjutnya: Kementerian ATR sebut pelaksanaan sertifikat elektronik dilakukan secara bertahap

 

Editor: Handoyo .


Terbaru