Jokowi Turut Hadiri Gerakan Tanam Pohon Bersama Untuk Hijaukan Jakarta

Rabu, 29 November 2023 | 18:05 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Jokowi Turut Hadiri Gerakan Tanam Pohon Bersama Untuk Hijaukan Jakarta

Dihadiri Presiden Joko Widodo, kegiatan bertajuk Gerakan Tanam Pohon Bersama dilaksanakan di Hutan Kota JIEP Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta, pada Rabu, 29 November 2023.


LINGKUNGAN HIDUP -  JAKARTA. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) telah dipercayakan sebagai tuan rumah untuk Gerakan Tanam Pohon Bersama yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengatasi perubahan iklim dan penanganan polusi udara di DKI Jakarta. 

Acara tersebut diadakan di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, hasil kolaborasi lintas lembaga yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, dengan dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Presiden Joko Widodo secara langsung turut serta dalam kegiatan penanaman pohon sebagai upaya bersama mengatasi perubahan iklim, pemanasan global, dan polusi udara yang sudah dirasakan secara nyata. 

Baca Juga: Dihadiri Presiden RI Jokowi, Astra Berpartisipasi dalam Gerakan Tanam Pohon Bersama

Acara yang bertajuk Gerakan Tanam Pohon Bersama ini dilaksanakan di Hutan Kota JIEP Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta, pada Rabu, 29 November 2023.

Dalam sambutannya, Presiden menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan antisipasi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global yang sudah terjadi, serta untuk mengatasi polusi di Jabodetabek. 

Mengutip keterangan tertulis JIEP, Rabu (29/11), Jokowi juga mengapresiasi partisipasi berbagai pihak, termasuk pemerintah dan perusahaan, dalam kegiatan penanaman pohon tersebut.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa kegiatan penanaman pohon akan terus dilakukan serentak di seluruh Indonesia, didukung oleh musim hujan yang dianggap sebagai waktu yang tepat untuk penanaman.

Baca Juga: Di Istana Presiden IKN, Jokowi Tanam Beringin Kembar yang Punya Makna Keagungan

Ia menegaskan bahwa gerakan ini tidak hanya terbatas di Jabodetabek, tetapi akan melibatkan seluruh provinsi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi khusus kepada PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) sebagai tuan rumah. Dia mengucapkan terima kasih kepada perusahaan dan asosiasi pengusaha yang telah berpartisipasi dalam gerakan penanaman pohon.

Dalam penjelasannya, Plh Direktur Utama PT JIEP, Dharma Satriadi, mengungkapkan bahwa dari total 744 pohon yang ditanam, JIEP menyumbangkan sekitar 200 pohon. 

Lokasi penanaman pohon melibatkan lahan seluas 1,5 hektare. Dharma menambahkan bahwa hutan kota PT JIEP memiliki luas 8,9 hektar, yang nantinya akan dikembangkan menjadi ruang terbuka hijau baru di DKI Jakarta.

Baca Juga: KLHK Peroleh Komitmen Pendanaan Iklim dan Konservasi Senilai US$ 50 Juta dari USAID

JIEP memiliki rencana besar untuk menghadirkan ruang terbuka hijau seluas 90 hektare di masa mendatang, yang terdiri dari danau dan hutan kota. Ini diharapkan dapat menjadi paru-paru kota Jakarta yang baru, berkontribusi dalam penanganan polusi udara, dan menyediakan fasilitas jogging track untuk masyarakat sekitar dan karyawan di Kawasan Industri Pulogadung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru