JORR 2 Jalan Tol Cibitung-Cilincing Akan Terkoneksi dengan Kawasan Industri Cikarang

Selasa, 17 Januari 2023 | 16:45 WIB   Reporter: Venny Suryanto
JORR 2 Jalan Tol Cibitung-Cilincing Akan Terkoneksi dengan Kawasan Industri Cikarang

ILUSTRASI. BPJT sebut JORR 2 Jalan Tol Cibitung - Cilincing akan terkoneksi dengan kawasan industri Cikarang . TRIBUNNEWS/JEPRIMA


JALAN TOL - JAKARTA. Jalan Tol Cibitung – Cilincing yang merupakan bagian dari Jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) akan langsung menghubungkan kawasan industri di Cikarang. 

Selain itu, jalan tol tersebut juga akan terhubunh dengan Pelabuhan Tanjung Priok serta memberikan dukungan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing. Dalam keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jalan Tol Cibitung - Cilincing memiliki 4 seksi dengan total panjang keseluruhan mencapai 34,76 Km. 

Baca Juga: Nusantara Infrastructure (META) akan Sesuaikan Tarif Tol JORR-1 dan Tol MBZ Tahun Ini

Saat ini telah beroperasi sebanyak 3 Seksi yakni Seksi 1 ruas SS Cibitung – Telaga Asih sepanjang 3,03 Km, sudah beroperasi sepanjang 2,65 Km sejak 2021 lalu. Selanjutnya Seksi 2 dan 3 Telaga Asih - Tarumajaya sepanjang 24,45 Km yang hari ini telah diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Kemudian untuk Seksi 4 ruas Tarumajaya - Cilincing (7,52 km) sedang dalam tahap akhir penyelesaian konstruksi yakni telah mencapai progres sebesar 98%.

Jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya yang terhubung dengan Jalan Tol Cibitung - Cilincing yakni terdiri dari Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran (14 Km) sudah beroperasi, kemudian Jalan Tol Kunciran - Serpong (11 Km) sudah beroperasi, Jalan Tol Serpong - Cinere (10,14 Km) sudah selesai konstruksi seluruhnya dan siap dioperasikan, Jalan Tol Cinere - Jagorawi (14,6 Km) yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi Seksi 3A & 3B (Kukusan - Limo) serta Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (26,18 Km) yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi Seksi 2A & 2B (Jatikarya - Cibitung).

Baca Juga: Grup Pelindo Siap Mengoperasikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing di Kuartal I-2023

Kehadiran Jalan Tol Cibitung - Cilincing dan nantinya akan memiliki rest area dan kegiatan logistik. Adapun tersedia fasilitas rest area yang lengkap dan didukung dengan pergudangan kontainer, bengkel kontainer, pencucian kontainer, modern warehouse, serta parkir kendaraan mobil dan truk.

Sebagai informasi, Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways dibangun dengan biaya investasi sebesar Rp 12,91 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru