Jumlah Pasien Covid-19 di Wismat Atlet Kemayoran Tinggal 184 Orang

Senin, 01 Agustus 2022 | 13:27 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Jumlah Pasien Covid-19 di Wismat Atlet Kemayoran Tinggal 184 Orang

ILUSTRASI. Sejumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 bermain bola basket di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Selasa (17/8/2021).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah pasien Covid – 19 di Rumah Sakit Darurat Covid – 19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran tersisa 184 orang per hari ini, Senin (1/8).

Kepala Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Mintoro Sumego, mengatakan dari sekian jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di wisma atlet 80% merupakan warga Indonesia dan 20% sisanya adalah pasien Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

“Hari ini tadi ada yang masuk 15 orang, 11 diantaranya orang domestik dan 4 sisanya PPLN dari Malaysia, Arab dan Turkey, sementara yang keluar ada 23 orang,” terang Mintoro dalam Talkshow daring bertajuk “Perkembangan Kasus Covid di DKI Jakarta dan Ketersediaan RSDC Wisma Atlet Kemayoran”, Senin (1/8).

Mintoro menjelaskan, dari 184 pasien yang dirawat menurutnya hampir semuanya bergejala ringan hampir tidak ada yang memiliki riwayat penyakit lain atau komorbid.

Baca Juga: Ada 342 Orang Jalani Karantina di Wisma Atlet, 13 Positif Covid-19

Dia menerangkan, meski saat ini ada terjadi lonjakan kasus covid -19 di Jakarta, menurutnya tingkat keterisian tempat tidur (BOR) masih sangat terkendali yaitu di bawah 5%.

Menurut Mintoro hal yang membedakan kenaikan gelombang covid pada saat ini dengan periode sebelumnya yaitu, banyak masyarakat yang sudah cukup pengetahuan terkait dengan isolasi mandiri.

“Sehingga saat ini mungkin juga banyak dari mereka yang telah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” tutur Mintoro.

Meski demikian, Mintoro mengatakan kepada masyarakat yang ingin melakukan perawatan dan isolasi di RSDC Wisma Atlet Kemayoran masih diperbolehkan. Prinsipnya pihaknya menerima pasien baik dengan gejala ringan, sedangkan hingga berat dengan komorbid.

Baca Juga: Pandemi Menjadi Endemi, Ini yang Dilakukan Pemerintah

“Di wisma atlet ada sekitar 3.801 tempat tidur yang berada di tower 6, bahkan kita pernah membuka sampai 12.000 tempat tidur semua dapat terlayani dengan baik, jadi jangan khawatir," pungkas Mintoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru