kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Kabupaten Ngada, NTT masih nihil kasus positif virus corona (Covid-19)


Rabu, 03 Juni 2020 / 22:14 WIB
Kabupaten Ngada, NTT masih nihil kasus positif virus corona (Covid-19)
ILUSTRASI. Corona. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - MAUMERE. Kabupaten Ngada masih nihil kasus positif virus corona baru atau Covid-19 hingga Rabu (3/6/2020). Juru bicara Satgas Covid-19 Marthinus P Langa menjelaskan, Kabupaten Ngada masih berada dalam zona hijau karena memberlakukan protokol Covid-19 secara baik dan benar. 

Masyarakat Kabupaten Ngada juga mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak di tempat umum. Seluruh tempat umum di Kabupaten Ngada menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun. Petugas juga rutin menyemprotkan cairan disinifektan di tempat umum.  

Baca Juga: PSBB Jakarta berakhir 4 Juni, ganti karantina lokal di RW zona merah?

Marthinus mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ngada membangun 10 posko untuk memperketat pemeriksaan di wilayah perbatasan Nagekeo dan Manggarai Timur. Seluruh warga yang melintasi wilayah perbatasan akan dicek oleh petugas, seperti dokumen perjalanan dan suhu tubuh. 

"Pelaku perjalanan dari zona merah wajib kantongi surat keterangan sehat atau bebas Covid-19. Kalau yang dari zona hijau, jika suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, kita arahkan cek kesehatan ke rumah sakit," jelas Marthinus saat dihubungi Kompas.com, Rabu malam. 

Baca Juga: Sebelum beroperasi, pelaku usaha hiburan di Bekasi harus gelar rapid test karyawan

Pemkab Ngada mewajibkan warga yang kembali dari zona merah Covid-19 menjalani karantina terpusat di gedung bekas Kampung Undana-Bajawa di Desa Turekisa, Kecamatan Golewa Barat. Warga yang menjalani karantina terpusat diperhatikan secara serius oleh tenaga medis. "Sekarang kan banyak orang tanpa gejala (OTG). Sehingga, semua warga yang pulang dari zona merah wajib hukumnya jalani karantina terpusat," jelas Marthinus.  

Kerja sama antara masyarakat, pemerintah, tenaga medis, pihak keamanan, dan relawan dari tingkat desa dan kabupaten, dinilai sukses menjaga Kabupaten Ngada di zona hijau. "Mari kita tetap mematuhi protokol kesehatan agar daerah ini tetap zona hijau dari Covid-19," kata Marthinus. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabupaten Ngada, NTT, Masih Nihil Kasus Positif Covid-19, Ini Rahasianya"




TERBARU
Terpopuler

[X]
×