Kaesang Pangarep akan Maju Jadi Cawalkot Depok dari PDI-P?

Selasa, 13 Juni 2023 | 16:12 WIB Sumber: Kompas.com
Kaesang Pangarep akan Maju Jadi Cawalkot Depok dari PDI-P?

ILUSTRASI. Direktur Utama Persis Solo Kaesang Pangarep menghadiri Kongres Biasa PSSI 2023 di Jakarta, Minggu (15/1/2023).


PILKADA - JAKARTA. Ketua DPP PDI-P Said Abdullah mengatakan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep akan maju sebagai calon wali kota (cawalkot) Depok dari PDI-P. Said bahkan mencurigai adanya pihak-pihak yang ingin mengganggu langkah Kaesang ini.

Menurutnya, pihak tersebut berasal dari partai yang lebih kecil dari PDI-P.

"Hitungan saya, kalkulasi politik saya, insya Allah, Mas Kaesang akan (maju cawalkot Depok) lewat PDI-P," ujar Said saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

"Karena apa? Ini kan selalu ada pihak-pihak yang ganggu, yang mengganggu itu biasanya karena ingin partainya ingin jadi besar, maka mengganggu (partai) yang besar," sambungnya.

Baca Juga: Raffi Ahmad & Kaesang Bangun Proyek Kuliner&UMKM Indonesia Rans Nusantara Hebat BSD

Menurut Said, apabila sebuah partai kecil mengganggu sesama partai kecil, maka mereka tidak bisa menjadi sorotan di media. Dia menyebut ada saja partai kecil yang mengganggu partai yang saat ini ada di Parlemen.

"Bukan hanya ganggu Kaesang, habis itu soal kemudian kontrak politik Ganjar. Kita kebingungan, kita yang tahu prosesnya dan sebagainya, tidak ada itu kontrak politik," tutur Said.

Akan tetapi, Said tidak menyebut siapa partai kecil 'pengganggu' yang dimaksud itu. Sebelumnya, Kaesang Pangarep akhirnya memberi jawaban jelas terkait dukungan agar ia maju sebagai calon wali kota Depok.

Dalam video berjudul "Klarifikasi, Saya Buka Suara" di kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat, suami dari Erina Gudono itu menyampaikan bahwa dirinya siap untuk maju sebagai Depok 1.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Syalom, Om swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan. Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya. Insya Allah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama. Mohon dukungannya, merdeka!" ujar Kaesang, dikutip dari video tersebut, Sabtu (10/6/2023).

Adapun pihak yang pertama kali mendukung Kaesang untuk maju di Pilkada Depok adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Diketahui, PSI merupakan partai yang menjadi bagian dari koalisi pemerintah.

Baca Juga: Ditemani Putranya, Prabowo Tiba di Kediaman Jokowi di Solo

Namun, pada Pemilu 2019 lalu, PSI gagal menempatkan kadernya di DPR setelah tak lolos parliamentary threshold.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PDI-P: Insya Allah Kaesang Masuk Cawalkot Depok Lewat PDI-P"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru