Kampung Malahing Binaan Pupuk Kaltim Menangkan Anugerah Desa Wisata 2023

Rabu, 30 Agustus 2023 | 10:32 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 Kampung Malahing Binaan Pupuk Kaltim Menangkan Anugerah Desa Wisata 2023

ILUSTRASI. Kampung Malahing Binaan Pupuk Kaltim?meraih Juara 3 kategori Kampung Wisata Maju pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023


PARIWISATA - JAKARTA. Program Better Living in Malahing yang dijalankan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) di Kampung atas air Malahing telah mengantarkan kampung tersebut berkembang menjadi destinasi ekowisata unggulan di Kota Bontang.

Terbaru, Kampung atas air Malahing meraih Juara 3 kategori Kampung Wisata Maju pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

VP TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi menyebut, prestasitersebut menjadi langkah baru bagi Malahing untuk terus memajukan sekaligus meningkatkan potensi yang dimiliki agar masyaraktanya semakin mandiri, utamanya pengembangan sektor pariwisata.

Ia bilang, pendampingan program Better Living in Malahing sengaja digagas Pupuk Kaltim untuk memberikan nilai tambah, dengan menciptakan wajah baru bagi kampung atas air tersebut. Sejak 2001, Pupuk Kaltim telah memberikan berbagai bantuan yang bersifat charity untuk menangani berbagai persoalan yang ada> Program tersebut berakhir pada tahun 2022. 

“Berbagai bekal keterampilan juga diberikan, baik bagi nelayan dalam meningkatkan produktivitas melaut dan sektor budidaya kelautan, hingga keterampilan ibu rumah tangga untuk menciptakan berbagai peluang ekonomi,” kata Sugeng dalam keterangan resminya, Rabu (30/8).

Baca Juga: Sebentar Lagi, Kompas Travel Fair 2023 Siap Dorong Pemulihan Industri Pariwisata

Dia menambahkan, masyarakat Malahing jauh lebih berdaya dengan beragam keterampilan dan sektor usaha, seperti inovasi olahan rumput laut menjadi berbagai produk bernilai ekonomi menjadi sabun, sirup, makanan ringan, lalu budidaya teripang dan rumput laut, kemampuan membatik dengan produk usaha Batik Malahing, hingga homestay sebagai penunjang pariwisata di kawasan tersebut.

Meski telah exit program pada 2022, namun pembinaan tetap diberikan untuk peningkatan kapasitas sumberdaya manusia pengelola agar kemandirian masyarakat yang telah disiapkan selama pengembangan Better Living in Malahing makin berjalan optimal.

Selain menawarkan keindahan dengan konsep wisata laut, pengunjung di MAlahing juga bisa menikmati beragam fasilitas seperti snorkling, belajar membatik dan budidaya rumput laut, hingga melihat dari dekat proses pembuatan berbagai produk olahan hasil inovasi ibu rumah tangga Malahing.

Ketua RT 30 Malahing Nasir Lakada, mengatakan penghargaan ini merupakan buah perjuangan masyarakat dengan dukungan berbagai pihak di Kota Bontang, hingga Malahing berhasil menjadi salah satu destinasi desa wisata unggulan di Indonesia. 

"Prestasi ini pun tak lepas dari program Better Living in Malahing, sehingga kawasan tersebut mampu bertransformasi menjadi kampung wisata dengan daya tarik budaya dan potensi alam menarik di Kota Bontang." kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru