Kanwil Kementerian Agama Kalteng musnahkan 17.000 buku nikah

Kamis, 17 Januari 2019 | 22:59 WIB   Reporter: TribunNews
Kanwil Kementerian Agama Kalteng musnahkan 17.000 buku nikah


KEMENTERIAN AGAMA - PALANGKARAYA. Sebanyak 17.000 buku nikah stok lama yang belum dipakai yang ada di Kantor Kanwil Kemenag Kalteng, Kamis (16/1) dimusnahkan, agar tidak disalahgunakan.

Pemusnahan dilakukan di halaman belakang Lingkungan Asrama Haji Al-Mabrur Palangkaraya  dipimpin Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalteng, H Suriannor didampingi Kabid Bimas Islam, HM Asbli dan disaksikan pegawai Kemenag dan lembaga terkait lainnya di Palangkaraya.

Kepala Bidang Bimas Islam, HM Asbli mengungkapkan, pembakaran blangko nikah tersebut, mengacu pada surat keputusan Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, H Masrawan nomor 927/Kw.15.1/1-e/Ks.01.2/09/2018 yang memerintahkan memusnahkan buku nikah stok lama tersebut.

“Eksekusi pemusnahan buku tersebut, sesuai surat perintah Kanwil Kemenag, yang memerintahkan, agar buku stok lama tersebut segera memusnahkan dengan cara membakar sebanyak 17.116 pasang buku nikah model NA dan 76 duplikat buku nikah model DN,” ucapnya.

Pembakaran blangko nikah  dilakukan karena sudah tidak terpakai lagi sehingga khawatir disalahgunakan oleh orang yang tidak bertangungjawab. “Buku nikah yang dimusnahkan merupakan cetakan lama, dibakar, karena sudah ada buku nikah cetakan baru," ujarnya.

Dikatakan, Kemenag sudah meluncurkan kartu nikah baru yang jauh lebih simpel karena ukurannya seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau ATM, jadi bisa dimasukan ke dalam saku atau disimpan di dompet. "Kartu nikah baru lebih praktis hanya berupa kartu yang bisa dibawa kemana saja dengan mudah," ujarnya.

HM Asbli meyakini kartu nikah model baru yang diluncurkan Menteri Agama RI beberapa waktu lalu tersebut, akan lebih maksimal merekam dokumen administrasi pernikahan warga Kalteng, karena pembuatannya bisa lebih cepat dan data mudah didapat. (Eko Sutriyanto)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Kanwil Kemenag Kalteng Bakar Belasan Ribu Buku Nikah"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru