Kapal nelayan KM Pieces tenggelam di Matasiri Kalsel, 4 tewas, 31 hilang

Jumat, 02 Agustus 2019 | 10:32 WIB Sumber: Kompas.com
Kapal nelayan KM Pieces tenggelam di Matasiri Kalsel, 4 tewas, 31 hilang


SIAGA BENCANA -  BANJARMASIN. KM Piecies yang membawa 37 penumpang dilaporkan tenggelam di perairan Matasiri, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel). Tenggelamnya kapal tersebut, baru diketahui hari ini atau Jumat (2/8) atau tiga hari setelah kejadian.

Menurut petugas Basarnas, kemungkinan alat yang ada di KM Pieces tersebut rusak sehingga sinyal bahaya tidak bisa ditangkap Basarnas.

Baca Juga: Sudah hilang setengah abad, kapal selam Prancis ditemukan di Laut Tengah

"Basarnas punya alat atau sistem yang bisa menangkap sinyal bahaya dari kapal. Basarnas tidak bisa menangkap sinyal bahaya tersebut. Diduga alat di kapal tersebut rusak," ujar Endrow, Pelaksana Harian Basarnas Banjarmasin saat dihubungi Jumat (2/8).

Menurut Endrow, KM Pieces membawa 37 penumpang. Dari jumlah itu, sebanyak empat penumpang ditemukan meninggal dunia, dua selamat dan 31 lainnya masih dinyatakan hilang.

Kapal pencari ikan Kapal berangkat dari Pekalongan dengan tujuan Selat Makassar untuk mencari ikan. Seluruh penumpang KM Pieces berprofesi sebagai nelayan.

Baca Juga: Pengadilan Italia Bebaskan Carola Rackete, Kapten Kapal Penyelamat Pengungsi

"Awalnya empat orang ditemukan tewas oleh kapal yang melintas, setelah itu ditemukan lagi dua penumpang selamat," tambah Endrow.

Seluruh korban kemudian dibawa ke Kotabaru, karena Kotabaru dekat dengan posisi tenggelamnya kapal. Menurut Endrow, saat ini, evakuasi sudah dilakukan tim gabungan dari Basarnas, TNI, dan KSOP Banjarmasin.

Baca Juga: Dua kapal tanker minyak terkena serangan di Teluk Oman

Untuk mendukung proses evakuasi, Basarnas Banjarmasin selaku koordinator pencarian, menerjunkan KN SAR Laksmana 241 dan RB 306 Banjarmasin dibantu 2 KRI, yakni KRI Hasan Basri 382 dan KRI Nuku 373. (Andi Muhammad Haswar)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapal Nelayan KM Pieces Tenggelam di Matasiri Kalsel, 4 Tewas, 31 Hilang",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru