Kapolres Jakpus mengatakan Rizieq Shihab akan melakukan tes swab mandiri

Senin, 23 November 2020 | 12:01 WIB Sumber: Kompas.com
Kapolres Jakpus mengatakan Rizieq Shihab akan melakukan tes swab mandiri

ILUSTRASI. Habib Rizieq Shihab (HRS) menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.


VIRUS CORONA - JAKARTA. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab disebut akan menjalani tes usap Covid-19 secara mandiri, setelah dikabarkan sakit beberapa hari setelah terjadi keramaian di hari akad pernikahan anaknya. 

Hal tersebut dibenarkan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto setelah perwakilannya menemui Rizieq di kediamannya Jalan Petamburan III Jakarta Pusat. “Katanya mereka mau melaksanakan ‘swab’ mandiri,” ujar Heru di Jakarta, Minggu (22/11/2020), seperti dikutip Antara. 

Heru mengatakan, sejumlah perwakilan dari Polsek Metro Tanah Abang dikirim untuk mengimbau Rizieq agar menjalani tes usap Covid-19 pada Sabtu (21/11). Namun Rizieq tidak dapat ditemui dengan alasan tengah istirahat dan tidak menerima tamu. Sehingga, pihak kepolisian hanya mengimbau Rizieq lewat utusannya dari depan pagar rumah. 

Heru memastikan Rizieq melakukan tes usap COVID-19 secara mandiri, tanpa fasilitas pemerintah. Kuasa Hukum FPI Aziz Yanuar sebelumnya menegaskan bahwa pimpinan mereka, Rizieq Shihab, sudah mempunyai tim sendiri untuk melakukan swab test atau tes usap Covid-19. 

Oleh karena itu, ia meminta polisi beserta pemerintah provinsi DKI Jakarta tak perlu mengistimewakan Rizieq dengan menawari tes usap. "Untuk swab dan lain-lain itu kami ada tim dari HILMI dan MER-C, jadi pemerintah tidak perlu repot dan mengistimewakan HRS (Rizieq) dan FPI," kata Aziz kepada Kompas.com, Senin (23/11/2020). 

Baca Juga: Wagub DKI akan penuhi panggilan Polisi terkait acara Rizieq Shihab, Senin (23/11)

Kendati demikian, Aziz enggan mengungkapkan apakah Rizieq sudah menjalani tes usap atau belum. Ia menyebut hal itu merupakan urusan pribadi, sehingga tak perlu dipublikasikan. Menurut dia, hasil tes swab untuk mendeteksi Covid-19 baru perlu diketahui oleh pihak lain jika memang Rizieq hendak melakukan kegiatan yang mensyaratkan bukti hasil tes swab. 

Misalnya saat bepergian dengan pesawat. Aziz hanya memastikan bahwa Rizieq saat ini dalam kondisi sehat. "Beliau sehat walafiat, bugar," katanya. 

Lebih jauh Aziz menyarankan agar pihak kepolisian untuk fokus mengurus penularan Covid-19 di tahanan Mabes Polri. Ia mengkhawatirkan kesehatan sejumlah simpatisan Rizieq yang saat ini ditahan di rutan Mabes Polri karena adanya sejumlah tahanan yang positif Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapolres Jakpus: Katanya Rizieq Shihab Mau Tes Swab Mandiri"

Selanjutnya: Wagub DKI Ahmad Riza Patria angkat bicara soal penurunan baliho Rizieq Shihab

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru