Jawa Tengah

Kasus covid-19 di Jateng meningkat, ini yang diminta Menko Luhut

Selasa, 01 Desember 2020 | 21:50 WIB   Reporter: Lidya Yuniartha

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan menyoroti peningkatan kasus Covid-19 di Jawa Tengah dalam beberapa waktu terakhir.

Dia menyebut, angka positif di Semarang, Kudus, Surakarta, Pati mengalami kenaikan dalam 7 hari terakhir. Bahkan menurutnya, Kota Semarang memiliki kasus tertinggi di Jawa Tengah yakni sebanyak 12.019 kasus dengan tingkat kematian tertinggi hingga 751 orang.

Melihat ini, Luhut pun meminta Pemerintah Provinsi Jateng meningkatkan pemanfaatan fasilitas isolasi terpusat untuk pasien tanpa gejala dan bergejala ringan. Hal ini bertujuan agar pasien dapat dipantau secara optimal. “Seperti di wisma atlet, pasien bergejala awal dan ringan cepat ditangani dan diisolasi sehingga mencegah kondisi gawat yang menyebabkan kematian,” kata Luhut dalam keterangan tertulis, Selasa (1/12).

Menurut Luhut,  bila pasien yang terkonfirmasi positif tidak segera diisolasi, maka dia akan menularkan kepada keluarga terdekat sehingga menjadi klaster keluarga. “Tolong Pak Ganjar dan walikota yang kasusnya tinggi segera perbanyak fasilitas isolasi mandiri terpusat berkoordinasi dengan BNPB, nanti dananya dibantu mereka," ujar Luhut.

Baca Juga: Satgas minta masyarakat tak bersikap diskriminatif kepada pasien Covid-19

Tak hanya itu, dia juga  meminta Pangdam Diponegoro dan Kapolda Jawa Tengah membantu Gubernur Jawa Tengah untuk terus melakukan sosialisasi  kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan

 Dia juga meminta mereka untuk membantu mendorong orang yang dinyatakan positif untuk segera ke tempat isolasi. Menurutnya,kampanye ini penting agar masyarakat tidak menunda mencari pengobatan sekalipun masih bergejala ringan.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan dalam tiga hari ini pihaknya akan menggenjot upaya-upaya menekan penyebaran Virus Corona termasuk menambah fasilitas isolasi terpusat.

“Dalam tiga hari ini kami minta untuk gas pol termasuk isolasi mandiri karena kalau di rumah tidak merasa diisolasi. Saya minta kepada para bupati kita cari hotel untuk isolasi mandiri, kita bayar,” jelas Ganjar.

Ganjar pun mengatakan sudah meminta kepada Dinkes Jateng untuk terus melakukan tes, pelacakan, dan penelusuran terus menerus  untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Selanjutnya: Satgas minta kepala daerah serius awasi penerapan protokol kesehatan

 

Editor: Handoyo .


Terbaru