Jabodetabek

Kasus positif virus corona masih tinggi, PSBB transisi DKI Jakarta diperpanjang lagi

Jumat, 14 Agustus 2020 | 09:49 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus positif virus corona masih tinggi, PSBB transisi DKI Jakarta diperpanjang lagi

ILUSTRASI. Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi kembali diperpanjang. PSBB transisi diperpanjang selama dua pekan, terhitung mulai Jumat (14/8/2020) hari ini hingga 27 Agustus 2020. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan, keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan segala kondisi. 

Anies pun telah berkonsultasi dengan pakar kesehatan, khususnya epidemiologi, sekaligus berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda pada Kamis (13/8/2020) sore. "Kami memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB masa transisi di fase pertama ini untuk keempat kalinya hingga tanggal 27 Agustus 2020," ujar Anies dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis. 

Temuan kasus baru masih tinggi 

PSBB transisi diperpanjang untuk keempat kalinya lantaran tingkat temuan kasus positif baru di DKI Jakarta yang cenderung meningkat. Bahkan dalam sepekan terakhir, positivity rate Covid-19 berada di angka 8,7 persen. 

Angka tersebut merupakan angka tertinggi selama pandemi Covid-19. Meski demikian, Anies menegaskan angka positivity akumulatif DKI adalah 5,7 persen. Artinya, masih sesuai standar aman dari WHO. "Jika diakumulasikan sejak awal, positivity rate DKI Jakarta berada di angka 5,7 persen. Adapun standar positivity rate dari WHO untuk dinyatakan aman dan terkendali adalah 5 persen," kata Anies.

Pemprov DKI pun berkomitmen untuk menekan angka positivity rate dengan meningkatkan kapasitas testing agar memutus penyebaran Covid-19. "Mayoritas kapasitas testing kita digunakan untuk active case finding, mencari orang yang tidak pernah dites sebelumnya. Masyarakat yang terkonfirmasi positif apalagi yang tanpa gejala dapat segera mengisolasi diri dan bisa mencegah penularan lebih lanjut," ujarnya. 

Editor: Handoyo .


Terbaru