Kata Anies Baswedan soal para pemilik mobil mewah ikut daftar belum rumah DP Rp 0

Jumat, 26 Juli 2019 | 23:25 WIB Sumber: Kompas.com
Kata Anies Baswedan soal para pemilik mobil mewah ikut daftar belum rumah DP Rp 0


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya akan mengecek persyaratan seluruh pendaftar yang ingin membeli rumah susun sederhana milik (rusunami) Dp Rp 0.

Rusunami ini hanya bisa dibeli oleh warga DKI berpenghasilan Rp 4 juta hingga Rp 7 juta. Sementara data yang ada, para pemilik mobil mewah ikut mendaftar.

“Nantinya akan di-review sesuai dengan persyaratannya. Karena itulah kenapa kita menggunakan kriteria, supaya program ini menyasar dan memfasilitasi yang sesuai kriterianya," kata Anies di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7).

Baca Juga: Ini syarat di balik promosi Nasdem terhadap Anies Baswedan jadi Capres 2024

Melihat data pendaftar, Anies menilai, rusunami yang dibangun banyak peminat. Ia menjamin, programnya tersebut akan tepat sasaran. "Sesuai sasaran, itu diceritakan sebagai indikasi bahwa banyaknya peminat, bukan berarti ada penyimpangan. Ternyata yang punya mobil bagus pun berminat," ucapnya.

Sebelumnya, banyak pemilik kendaraan mewah yang mendaftarkan diri untuk membeli Rusunami Klapa Village dengan down payment (DP) Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Dzikran Kurniawan mengatakan, hal itu diketahui berdasarkan data milik Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta.

Baca Juga: Ini penjelasan Surya Paloh hanya beri nilai 5 ke Anies Baswedan dari skor 10

"Ternyata cukup banyak juga, ada beberapa orang yang memiliki Toyota Alphard, ada yang teridentifikasi memiliki kendaraan Porsche warna merah, Porsche Boxster, ada juga yang memiliki motor Harley-Davidson," ujar Dzikran di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (24/7).

Editor: Yudho Winarto

Terbaru