Kata PPATK terkait transaksi sebesar Rp 2 triliun dari anak Akidi Tio

Rabu, 04 Agustus 2021 | 14:07 WIB Sumber: Kompas.com
Kata PPATK terkait transaksi sebesar Rp 2 triliun dari anak Akidi Tio

ILUSTRASI. Heriyanti, anak bungsu Akidi Tio dijemput langsung Dir Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Ratno Kuncoro ke Mapolda Sumsel Senin (2/8/2019).

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae menyatakan hingga Selasa (3/8/2021), transaksi perbankan sebesar Rp 2 triliun yang merupakan sumbangan dari keluarga Akidi Tio belum terlihat jejaknya. 

"Memang harus diakui bahwa berdasarkan pengamatan kita sementara secara domestik belum berbicara masalah internasional, sampai hari ini, sampai siang ini, data menunjukkan bahwa memang transaksi itu belum ada. Itu yang sudah bisa dikatakan suatu hal yang bisa kita monitor secara langsung karena PPATK kalau memiliki akses langsung kepada sistem keuangan kita," kata Dian dikutip dari Tribunnews.com, Selasa. 

Untuk itu, Dian mengatakan PPATK akan terus menelusuri dan memeriksa jejak keuangan keluarag Akidi Tio yang sebelumnya menjanjikan sumbangan sebesar Rp 2 triliun yang diperuntukkan bagi masyarakat Sumatera Selatan. 

Rencananya, uang sebesar Rp 2 triliun itu akan disumbangkan ke masyarakat Sumatera Selatan lewat rekening milik Polda Sumatera Selatan.

Baca Juga: Polisi sudah periksa saldo anak Akidi Tio yang mau sumbang Rp 2 triliun, ini hasilnya

"Jadi pemeriksaanya itu harus diperluas dan diperlebar. Jadi segala aspek dari transaksi itu harus diteliti oleh bank dan dilaporkan ke PPATK untuk dilakukan langkah-langkah yang diperlukan," tutur Dian.

Sebelumnya, Direktur Intelkam Polda Sumatera Selatan Kombes Ratno Kuncuro menyebutkan bahwa Heriyanti telah ditetapkan tersangka terkait kasus hoaks sumbangan Rp 2 triliun.

Namun, hal itu dibantah oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumsel Kombes Supriadi.  Menurut Supriadi, anak Akidi Tio hanya diundang untuk datang ke Polda Sumsel dan diminta menjelaskan perihal sumbangan Rp 2 triliun yang belum juga cair. 

Baca Juga: Pengakuan suami anak Akidi Tio terkait uang Rp 2 triliun di Bank Singapura

Editor: Noverius Laoli
Terbaru