Kawanan gajah liar masuk pasar dan perkebunan sawit warga di Riau

Kamis, 13 Juni 2019 | 08:31 WIB Sumber: Kompas.com
Kawanan gajah liar masuk pasar dan perkebunan sawit warga di Riau


GAJAH - PEKANBARU. Sebanyak enam ekor kawanan gajah liar masuk ke kawasan perkebunan sawit warga di dua kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Petugas gabungan dari Balai Besar Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, masih berupaya menggiring kawanan gajah tersebut menuju kawasan kantong gajah di Taman Nasional Tesso Nilo. 

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono mengatakan, proses penggiringan enam ekor gajah liar ini masih terus diupayakan petugas gabungan. Saat ini petugas masih berada di sekitar lokasi yakni di Kecamatan Peranap dan Kelayang. "Ada enam gajah liar yang masuk ke kawasan perkebunan sawit warga di dua kecamatan tersebut," sebut Haryono kepada Kompas.com, Rabu (12/6).

Haryono menambahkan, gajah liar ini diperkirakan masuk ke perkebunan sawit sejak sebelum lebaran. Empat gajah di wilayah Kecamatan Peranap, sedangkan dua ekor gajah liar lainnya berada di Kecamatan Kelayang. Kawanan gajah liar ini memakan batang sawit yang ditanam warga. 

Selain memantau, Balai Besar KSDA Riau terus bersinergi dengan WWF dan Yayasan TNTN menggiring gajah liar. "Kawanan gajah ini juga seolah enggan beranjak dari tempat tersebut, empat ekor gajah liar ini memakan sawit warga yang kebanyakan berumur 2 sampai 5 tahun," sebut Haryono. 

Haryono menyebut, tim BBKSDA juga telah melakukan rapat koordinasi bersama Wakil Bupati Indragiri Hulu serta masyarakat yang berdampak agar tidak menimbulkan masalah. Selain itu, saat tim melakukan survei jalur untuk penggiringan dengan gajah latih, petugas menemukan tiga ekor gajah liar di belakang Pasar Baru Peranap yang sedang berendam atau mandi. 

"Kami berharap dan mohon doanya agar konflik ini bisa segera teratasi dan tidak menimbulkan korban jiwa baik gajah maupun masyarakat," pungkasnya. (Citra Indriani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Di Riau, Kawanan Gajah Liar Masuk Pasar dan Perkebunan Sawit Warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru