Keberadaan burung garuda kembali ditemukan

Jumat, 05 Juli 2019 | 13:04 WIB Sumber: Kompas.com
Keberadaan burung garuda kembali ditemukan


BURUNG - CIANJUR. Pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Jawa Barat kembali menemukan keberadaan elang jawa. Burung yang juga dikenal dengan sebutan burung garuda itu terdeteksi tim monitoring elang jawa di dalam kawasan Gunung Gede Pangrango, Senin (1/7).

Humas TNGGP Ade Bagja Hidayat mengatakan, sejauh ini tim telah berhasil menemukan dua sarang elang jawa. Keberadaannya masih terpantau baik hingga saat ini. “Lokasi (sarang) baru ini berhasil ditemukan saat tim sedang melakukan pengecekan air,” kata Ade saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (5/7).

Ade menyebutkan, dari pengamatan di lokasi, anakan elang jawa di dalam sarangnya itu ditaksir berusia sekitar dua bulan. Hal itu dilihat dari anakan elang yang sudah mampu mengepakan sayap dengan baik saat diterpa angin.

Sebelumnya, sebut Ade, tim juga berhasil menemukan anakan elang jawa di lokasi sarang yang berbeda pada 13 April 2019. “Dengan temuan ini semakin membuktikan jika elang jawa dapat berkembang biak setiap tahunnya di dalam kawasan Gunung Gede Pangrango dengan baik,” ujarnya.

Selain elang jawa, ekosistem kawasan TNGGP juga menjadi tempat hidup yang baik bagi jenis satwa endemik Jawa lainnya, seperti macan tutul jawa dan owa jawa. “Bertambahnya jumlah elang jawa ini pun menjadi kabar baik bagi upaya pelestarian satwa yang paling dilindungi itu. Pemantauan terus dilakukan karena elang jawa itu diperkirakan akan segera terbang dari sarangnya,” ungkapnya. (Firman Taufiqurrahman)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Keberadaan Burung Garuda Kembali Ditemukan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru