Kebutuhan Listrik untuk MotoGP Meningkat 40%, PLN Jamin Pasokan

Jumat, 18 Maret 2022 | 15:15 WIB   Reporter: Filemon Agung
Kebutuhan Listrik untuk MotoGP Meningkat 40%, PLN Jamin Pasokan

ILUSTRASI. Sejumlah pekerja berada dekat mobil 'Uninterruptible Power System' (UPS) di Gardu Hubung Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengungkapan kebutuhan listrik untuk gelaran MotoGP bakal meningkat.

Peningkatannya mencapai 40% ketimbang saat gelaran World Superbike pada November silam. Saat itu, kebutuhan listrik untuk WSBK sebesar 1,1 megawatt (MW), sementara pada MotoGP kebutuhan listrik meningkat hingga 1,7 MW. 

"Setelah kami melakukan persiapan, alhamdulillah kami bisa menghadirkan listrik berkualitas dan handal. Kebutuhan listrik diperkirakan naik 40 persen dibandingkan dengan World Superbike," kata Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, Adi Priyanto dalam keterangan resmi, Jumat (18/3).

Adi melanjutkan, proses instalasi kelistrikan seluruh venue untuk MotoGP Mandalika 2022 telah siap 100%. Sirkuit Mandalika, masuk dalam Sistem Kelistrikan Lombok telah dipersiapkan dengan Daya Mampu Netto sebesar 392,3 MW. 

Baca Juga: Dukung Produktivitas Nelayan, PLN Operasikan Gardu Distribusi Pertama Pulau Pasaran

Adapun perkiraan beban puncak Sistem Kelistrikan Lombok sebesar 302,2 MW dan cadangan daya sekitar 29,8 persen. Adi mengatakan PLN berkomitmen penuh untuk mendukung event  MotoGP dengan pelayanan listrik tanpa kedip. 

"Kami mendukung sistem kelistrikan yang bagus, sehingga bisa mendukung event ini. PLN juga masih punya cadangan 90 MW atau sekitar 30% cadangan daya apabila tiba-tiba kebutuhan meningkat," ujarnya. 

Sejumlah persiapan pun dilakukan PLN antara ain lewat kesiapan sistem pembangkit DMP 392,3 MW, perkiraan beban 302,2 MW, cadangan 90,1 MW (29,8%), kesiapan sistem transmisi di Sistem Lombok dengan skema 2 sirkuit, 2 GI masing-masing GI Kuta (30 MVA) dan GI Sengkol (MVA), kesiapan sistem distribusi dipasok dari 3 feeder (Mandalika 1, Mandalika 2 dan Sengkol) dengan skema anti padam atau zero down time (ZDT), kesiapan peralatan pendukung Genset (18 unit), UPS Mobile (20 unit), Trafo (11 unit) dan ATS (18 unit) dan kesiapan personil dan sarana (104 petugas piket), 280 personel Yantek, 47 unit mobil, 12 unit motor. 

Baca Juga: PLN Grup dan IBC Memulai Pengembangan Battery Energy Storage System

Adi menambahkan, komitmen PLN mendukung gelaran MotoGP Mandalika telah dibuktikan dengan menyelesaikan instalasi utama sejak Oktober tahun lalu, sementara persiapan backup instalasi digelarnya MotoGP Mandalika telah selesai atau 100%. 

"Kami berharap dengan adanya persiapan yang sudah matang, PLN menjamin kondisi kelistrikan yang andal dan berkualitas. Selain fokus di MotoGP Mandalika, kami juga memastikan pelayanan listrik untuk di wilayah lainnya," pungkas Adi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru