Kemenag Buka Pendaftaran 4 Program Beasiswa 2022 untuk Mahasiswa, Simak Infonya

Rabu, 08 Juni 2022 | 10:01 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Kemenag Buka Pendaftaran 4 Program Beasiswa 2022 untuk Mahasiswa, Simak Infonya

ILUSTRASI. Kemenag Buka Pendaftaran 4 Program Beasiswa 2022 untuk Mahasiswa, Simak Infonya. KONTAN/Muradi/10/08/2010


BEASISWA -  Kabar baik bagi mahasiswa khususnya mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran beasiswa. 

Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa PTKI baik negeri maupun swasta yang masih aktif dan memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik.

Kemang telah siapkan anggaran mencapai 161 miliar Rupiah untuk beasiswa PTKI yang pendaftarannya dibuka mulai 6 - 30 Juni 2022.

"Ini kita buka selebar-lebarnya bagi mahasiswa yang kuliah di kampus UIN, IAIN, dan STAIN," terang Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Amin Suyitno seperti dikutip dari situs Kemenag 

Baca Juga: Pendaftaran Jalur CBT UM UGM Tahun 2022 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Menurutnya, program ini adalah bentuk apresiasi bagi anak bangsa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik, namun berasal dari keluarga dalam kategori ekonomi kurang mampu.

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Diktis, Syafi'i menjelaskan bahwa tahun ini pihaknya akan menggelontorkan kurang lebih 161 miliar untuk sejumlah bantuan beasiswa, baik yang on going maupun rekrutmen baru.

Terdapat empat skema program beasiswa yang ditawarkan oleh Kemenag, diantaranya: 

1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

2. Beasiswa Tahfidz Qurán

3. Beasiswa Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik atau BPPA

4. Beasiswa Adiktis dan Bantuan Lembaga Kemahasiswaan.

"Mahasiswa PTKI diharapkan dapat menangkap dan memanfaatkan peluang berharga ini," terangnya.

Kasi Kemahasiswaan, Amiruddin Kuba, menambahkan bahwa Beasiswa KIP Kuliah dialokasikan sebanyak 17.615 kuota dengan rincian 13.070 untuk PTKI negeri dan 4.545 untuk PTKI swasta.

Sedangkan untuk Program Beasiswa Tahfidz Quran, disiapkan kurang lebih untuk 1.000 kuota dan untuk BPPA ada sekitar 3.000 kuota.

Informasi lengkap tentang pendaftaran Program Beasiswa dari Kemenag tahun 2022, bisa Anda lihat di situs https://pendis.kemenag.go.id/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru