Kementan Dorong Milenial Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Rabu, 28 September 2022 | 16:55 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kementan Dorong Milenial Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana (ke-2 kiri) kunjungi peternak milenial Pacitan, Agus Rinoto (ke-2 kanan)


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong petani milenial meningkatkan produktivitas mereka.  Kenaikan produktivitas pertanian juga turut menopang pertumbuhan ekonomi.

Salah satu program mendorong keterlibatan milenial dalam pertanian adalah melalui program Kementan bersama Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS).

Dimana Direktur Polbangtan Malang Setya Budhi Udrayana melakukan kunjungan di wilayah pelaksanaan Program YESS Jawa Timur di Kabupaten Pacitan, Minggu (25/9) untuk memberikan dukungan kepada para peternak milenial.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa pertumbuhan ekonomi nasional  selama pandemi (2019 - 2021) sangat terbantu oleh pertumbuhan positif pada sektor pertanian.

Baca Juga: Permintaan Besar, Pengembangan Beras Berkelanjutan Mendesak Dikaji

Menurut Syahrul Pemerintah Indonesia terus mendorong peran penting sektor pertanian dalam menciptakan lapangan kerja di pedesaan, meningkatkan pendapatan keluarga petani, serta memastikan ketahanan pangan nasional. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyatakan bahwa Kementan terus mendorong pertumbuhan dan perkembangan petani/peternak muda untuk terlibat aktif dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

"Di tangan para milenial, produksi dan produktifitas pertanian maupun peternakan dapat semakin baik melalui pemanfaatan ilmu dan teknologi, sehingga mampu meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk pertanian," katanya dalam siaran pers, Rabu (28/9).

Dedi Nursyamsi menambahkan, sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya sehingga pertanian ke depan menjadi pertanian modern yang tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya tetapi juga berorientasi ekspor.

Baca Juga: Kementan Apresiasi Petani Milenial Tulungagung Manfaatkan Hibah Kompetitif

Oleh karena itu, Program YESS yang menyasar pemuda agar menggeluti kewirausahaan bidang pertanian merupakan salah satu pilot project yang tepat bagi regenerasi pelaku pertanian.

Sebagai salah satu penerima manfaat program YESS di Kabupaten Pacitan, Agus Rinoto mengungkapkan bahwa dirinya merasa lebih percaya diri untuk terus mengembangkan peternakan itik yang telah dirintisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru