Kementan Gandeng Duta Pariwisata Banjarbaru untuk Kenalkan Kewirausahaan Pertanian

Rabu, 30 Agustus 2023 | 22:47 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kementan Gandeng Duta Pariwisata Banjarbaru untuk Kenalkan Kewirausahaan Pertanian

Nanang dan Galuh selaku Duta Pariwisata Kota Banjarbaru sebanyak 13 orang diajak berkunjung laboratorium pengolahan hasil pertanian dalam proses pembuatan coklat oleh siswa-siswi peserta PWMP SMK-PP N Banjarbaru.


PERTANIAN -  BANJARBARU - Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) untuk meningkatkan minat generasi muda dalam berwirausaha di bidang pertanian. 

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menekankan pentingnya regenerasi petani bagi kemajuan pertanian nasional. “Generasi muda harus kita arahkan pada hal-hal positif demi mendukung pertanian masa depan,” ujarnya dalam keterangan pers Kementan, Rabu (30/8).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) juga menambahkan bahwa pengembangan wirausahawan memerlukan waktu, usaha, dan kerja keras. "Pengalaman yang tidak instan dapat menjadi ilmu, termasuk dalam agribisnis," tuturnya.

Baca Juga: Akibat El Nino, Indonesia Terancam Kehilangan Panen 1,2 juta Ton Beras

SMK-PP Negeri Banjarbaru, sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementan, berkolaborasi dengan ABBA Coklat dan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Banjarbaru. Tujuannya adalah memperkenalkan wirausahawan muda dan produk mereka kepada masyarakat.

Budi Santoso, Kepala SMK-PP N Banjarbaru, berharap program ini dapat mencetak wirausahawan muda yang sukses, kreatif, dan berdaya saing. 

"Kolaborasi dan dan kunjungan tersebut dapat semakin memperkenalkan sekolah dan produk peserta PWMP," katanya.

Pada acara khusus, Duta Pariwisata Banjarbaru, Nanang dan Galuh, diajak mengenal proses pembuatan coklat dan berkesempatan membuat coklat sendiri bersama siswa PWMP.

Baca Juga: APBI Gandeng Pertamina dan Kemenperin dalam Pemberdayaan Perkebunan Karet Nasional

Bobby, pemilik ABBA Coklat, melihat ini sebagai peluang untuk memperkenalkan PWMP cokelat SMK-PP N Banjarbaru sebagai destinasi wisata edukasi bagi masyarakat Banjarbaru. Sementara itu, salah satu siswa, Hasni, menyatakan kegembiraannya dalam belajar olahan coklat di acara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru