CLOSE [X]
Peristiwa

Kementan Siapkan Generasi Muda Jadi Petani dan Wirausaha Pertanian

Jumat, 11 Oktober 2024 | 08:39 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kementan Siapkan Generasi Muda Jadi Petani dan Wirausaha Pertanian

Kegiatan Pra District Multi Stakeholder Forum [DMSF] dihadiri oleh perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Malang, organisasi petani muda, Tim YESS dan sejumlah kepala desa di seluruh Kabupaten Malang.


KEMENTERIAN PERTANIAN -  JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung Pemerintah Kabupaten Malang dalam menyiapkan generasi muda sebagai petani dan wirausahawan pertanian.

Dukungan ini diberikan melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS), yang dilaksanakan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota di beberapa provinsi.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang, sebagai pelaksana Program YESS di Jawa Timur, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Malang untuk mendorong pemuda menjadi penggerak pertanian berkelanjutan.

Baca Juga: Profesi Petani Semakin Tidak Diminati Kaum Muda

Hal ini diungkapkan dalam acara Pra District Multi Stakeholder Forum (DMSF) yang digelar pada Senin (8/10) di Malang.

Acara ini dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, dan dihadiri oleh Project Manager Program YESS PPIU Jatim, Acep Hariri, yang mewakili Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan, Idha Widi Arsanti, menambahkan bahwa Program YESS bertujuan mengembangkan wirausahawan muda di sektor pertanian. "Kementan terus memberikan motivasi dan dukungan kepada petani muda untuk terlibat aktif dalam pengembangan usaha pertanian," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (11/10).

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana, menegaskan komitmennya untuk menjadikan Program YESS sebagai barometer penciptaan petani muda yang mampu memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia di dunia pertanian.

Baca Juga: Kementan Dorong Peran Desa dan Lembaga Keuangan untuk Dukung Petani Muda

Kegiatan Pra-DMSF dihadiri oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi petani muda, Tim YESS, dan sejumlah kepala desa di Kabupaten Malang. Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, menekankan pentingnya sinergi antar OPD dalam mendukung keberlanjutan Program YESS dan pengembangan pertanian di wilayahnya.

Project Manager Program YESS PPIU Jawa Timur, Acep Hariri, menyatakan bahwa kolaborasi antar OPD sangat penting untuk mencapai tujuan Program YESS, terutama dalam menciptakan ekosistem kewirausahaan berbasis komoditas. 

Program YESS bertujuan memberikan kesempatan kepada pemuda di pedesaan untuk mengembangkan ekonomi melalui kewirausahaan dan peningkatan peluang kerja.

Baca Juga: Kementan Apresiasi Inovasi Permodalan dari PNM dan Pegadaian untuk Petani Muda

Dengan dukungan pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan, Program YESS diharapkan mampu mentransformasi kawasan pedesaan secara berkelanjutan.

Selanjutnya: Harga Emas Antam Naik Rp 8.000 Menjadi Rp 1.481.000 Per Gram Hari Ini (11/10)

Menarik Dibaca: Promo UOB x Dekoruma, Ada Diskon hingga Rp 1,5 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru