Nusantara

Kementan Sosialisasikan Program Strategis 1 Juta Hektare Sawah di Merauke

Jumat, 13 September 2024 | 13:40 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Kementan Sosialisasikan Program Strategis 1 Juta Hektare Sawah di Merauke

ILUSTRASI. Dansatgas BKO Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani


KETAHANAN PANGAN - JAKARTA. Dansatgas BKO Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, mengunjungi masyarakat di Kampung Wogikel dan Kampung Wanam, Distrik Wanam, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, untuk mensosialisasikan Program Strategis Nasional (PSN) terkait pembangunan 1 juta hektare sawah.

Program ini bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan nasional serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedalaman Papua, khususnya di wilayah Merauke.

Baca Juga: Kementan Minta Tambahan Anggaran Rp 68 Triliun

Dalam pertemuannya dengan Masyarakat pada Kamis (12/9), Mayjen Ahmad Rizal menegaskan bahwa proyek 1 juta hektar sawah di Merauke merupakan program yang sepenuhnya dibiayai oleh negara, bukan proyek investasi atau swasta.

"Ini adalah program strategis nasional yang dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Merauke dan Papua Selatan secara keseluruhan," jelasnya dalam keterangan resmi.

Mayjen Ahmad Rizal juga menekankan bahwa Merauke dipilih karena potensinya yang luar biasa dalam sektor pertanian.

"Lahan di Merauke sangat luas, datar, subur, dengan ketersediaan air yang melimpah, serta cuaca yang mendukung untuk budidaya padi sepanjang tahun," ujarnya.

Baca Juga: Haji Isam: Masyarakat Adat Merauke Papua Setuju dengan Program Pemerintah

Program ini diharapkan memberikan dampak positif tidak hanya dalam hal peningkatan produksi pangan, tetapi juga dalam pembangunan infrastruktur di wilayah pedalaman.

Proyek ini akan disertai dengan pembangunan jalan, jembatan, serta fasilitas umum dan sosial yang memadai, baik di tingkat kampung hingga kabupaten.

Pertemuan ini turut dihadiri oleh Sekjen Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Hermanto, Kakesbangpol Kabupaten Merauke, Drs. Rahmadayanto, Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA), serta sejumlah tokoh adat setempat.

Mereka mendukung penuh program ini dengan harapan besar bahwa peningkatan infrastruktur dan hasil pertanian akan membawa kemajuan bagi masyarakat Merauke dan Papua Selatan.

Baca Juga: Ekskavator Tiba di Merauke, Haji Isam: Gagasan Cetak Sawah 1 Juta Ha Bisa Terealisasi

Dengan adanya pembangunan ini, pemerintah berharap ketahanan pangan nasional akan semakin kuat, sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat pedalaman Papua melalui program yang komprehensif dan berkelanjutan.

Selanjutnya: Tolak Tawaran Kontrak, Pekerja Boeing Siap Gelar Aksi Mogok Mulai Jumat (13/9) Malam

Menarik Dibaca: Simak Promo Tiket.com Travel Sale, Penasaran?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru