Kemnaker terima hibah tanah BLK dari pemkab Banyuwangi

Senin, 01 Juli 2019 | 13:16 WIB   Reporter: Handoyo
Kemnaker terima hibah tanah BLK dari pemkab Banyuwangi


KETENAGAKERJAAN - BANYUWANGI. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyerahkan sertifikat tanah Balai Latihan Kerja (BLK) kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) seluas 90.097 meter persegi.

Sekjen Kemnaker Khairul Anwar menyambut positif penyerahan sertifikat hak pakai yang berlokasi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. "Kami menyambut baik dan siap berkolaborasi dengan Pemda," ujarnya dalam siaran pers, Minggu (30/7).

Dirjen Binalattas Bambang Satrio Lelono menegaskan, setelah membangun BLK Banyuwangi dan menerima aset tanah dari Pemkab Banyuwangi, pihaknya akan mengembangkan BLK Banyuwangi untuk berbagai kejuruan. 

Pengembangan tersebut lanjut Bambang, sebagai langkah untuk merespon potensi lokal di Banyuwangi, khususnya kejuruan pariwisata, maritim dan pertanian. "Tahun ini BLK Banyuwangi telah mulai melakukan pelatihan dan direspon positif masyarakat dan Pak Bupati juga mendukung pengembangan BLK Banyuwangi ini," katanya.

Bambang Satrio berharap Pemkab Banyuwangi mendukung penuh program pengembangan BLK. Termasuk kalangan industri Banyuwangi untuk mendukung merumuskan program dan penempatan calon tenaga kerja. 

"Ke depan Banyuwangi akan kita kolaborasikan dengan Austria. Pertengahan Juli pihak Austria akan meninjau ke sini karena tertarik untuk melakukan pengembangan BLK Banyuwangi, " ujar Bambang.

Sementara Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar berharap BLK Banyuwangi bisa optimal di masa depan. Misalnya BLK tari jangan disamakan  dengan semua daerah. Selain itu, BLK sektor kreatif bagaimana bisa mendisain setiap tahun dan produknya dipamerkan di festival Banyuwangi.

"Kami tidak rugi serahkan aset tanah kepada Pemerintah. Bahkan kami berharap BLK Banyuwangi menjadi pilot project BLK milik pemerintah di seluruh Indonesia, " katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru