Kempar ingin buat Bali di Kalsel

Kamis, 12 Mei 2016 | 21:45 WIB Sumber: Antara
Kempar ingin buat Bali di Kalsel


Banjarmasin. Kementerian Pariwisata (Kempar) Republik Indonesia berkeinginan menciptakan "Bali baru" atau destinasi wisata yang ramai bagaikan Bali, di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Hal tersebut diketengahkan Nurwan Hadiyono Kepala Bidang Pengembangan Wisata Perdesaan dan Perkotaan, Kementerian Pariwisata saat dialog di Fokus Grup Diskusi (FGD) di Banjarmasin, Kamis.

Menurut Nurwan, pemerintah RI pada tahun 2019 menargetkan kunjungan wisatawan ke negara ini bisa mencapai 20 juta orang. Dengan target sebesar itu maka diperlukan terciptanya destinasi destinasi wisata baru yang diunggulkan yang tidak hanya Bali tetetapi beberapa lokasi lagi di tanah air ini.

Ada tujuh lokasi destinasi wisata perkotaan yang akan dijual lebih gencar oleh pemerintah untuk mencapai target kunjunga wisatawan sebesar itu, seperti Kota Medan, Bandung, Solo, Yogyakarta, Palembang, dan Malang. Kemudian juga dipilih beberapa lokasi destinasi wisata perdesaan seperti Toraja, Pangandaran, Ubud, Tiworiwu, Bukit Tinggi, Aceh, serta Loksado atau wilayah banjarmasin.

Dipilihkan Desa Loksado yang berada di kawasan Pegunungan Meratus Kalimantan Selatan sebagai destinasi wisata perdesaan lantaran memiliki kelebihan dibandingkan daerah-daerah lainnya.

Umpamanya saja Loksado sudah begitu dikenal sebagai lokasi petulangan hutan tropis basah, loksado dikenal sebagai lokasi arung jeram menggunakan rakit bambu, di lokasi ini juga terdapat balai-balai adat, budaya lokal yang memiliki kekhasan. Loksado mudah dijangkau dengan kendaraan roda empat karena jalannya sudah mulus beraspal baik dari Bandara Syamsudin Noor atau dari Kota Banjarmasin sendiri.

Dalam lima tahun terakhir terlihat peningkatan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara, serta sudah menjadi lokasi wisata autbound baik oleh warga Kalsel juga datang dari berbagai penjuru nusantara.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kalsel Muhamad Rizani menyatakan berterimakasih dijadikannya wilayahnya sebagai destinasi wisata baru bagaikan Bali.

Ia menjelaskan Kalsel memiliki 277 objek wisata, kemudian satu kawasan strategis wisata nasional yakni Loksado, dan dua kawasan wisata nasional yakni Kota Banjarmasin dan Kota Martapura Kabupaten Banjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru