Kereta Bandara Solo rute Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo beroperasi Oktober

Senin, 09 September 2019 | 06:10 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Kereta Bandara Solo rute Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo beroperasi Oktober


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Kereta Bandara Solo dengan rute Stasiun Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo akan segera beroperasi mulai bulan Oktober mendatang. Sampai saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 96%.

“Sementara ini kita pikirkan menghubungkan dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo. Tapi nanti ada juga pola dari Stasiun Solo ke Jogja,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat membuka Focus Group Discussion bertema “Infrastruktur Transportasi Untuk Konektivitas Joglosemar” yang diselenggarakan di Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo, Jumat (6/9) siang dilansir dari laman Setkab.

Progres pembangunan Kereta Bandara, menurut Menhub, sampai dengan saat ini sudah mencapai 96%, kurang 4% aja.

“Tinggal satu titik saja. Kita konsinyasi tanahnya, langsung konstruksi tidak sampai satu bulan kemudian sudah bisa beroperasi,” ungkap Menhub.

Baca Juga: 10 bandara AP I memperoleh akreditasi dari airport council international

Kereta Bandara dari Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo menempuh waktu tempuh selama 20 menit dengan total panjang jalur yaitu 12,97 kilometer.

Rencananya, kereta bandara akan menggunakan 1 train set dan melakukan perjalanan sebanyak 32 trip dalam perhari dengan headway rata-rata 63 menit. Kecepatan kereta akan berkisar dari 75 km/jam – 80 km/jam.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru