Kesehatan dorong inflasi Kaltim 0,14% per Agustus

Kamis, 01 September 2016 | 13:44 WIB Sumber: Antara
Kesehatan dorong inflasi Kaltim 0,14% per Agustus


Samarinda. Harga barang di tingkat konsumen di Provinsi Kalimantan Timur pada Agustus 2016 mengalami inflasi atau kenaikan harga sebesar 0,14%. Angka ini lebih rendah ketimbang inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 0,56%.

"Terjadi perubahan indeks harga konsumen (IHK) dari 128,37 pada bulan Juli, menjadi 128,55 pada Agustus," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur M Habibullah di Samarinda, Kamis.

IHK merupakan salah satu indikator ekonomi yang digunakan untuk mengukur tingkat perubahan harga, baik yang hasilnya inflasi maupun deflasi di tingkat konsumen. Perubahan IHK dari waktu ke waktu menunjukkan adanya pergerakan harga dari paket komoditas yang dikonsumsi oleh setiap rumah tangga.

Inflasi pada Agustus terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada kelompok pengeluaran, yakni yang tertinggi adalah kelompok kesehatan dengan laju inflasi 1,05%, disusul kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau yang mengalami inflasi 0,47%.

Kemudian kelompok perumahan berinflasi 0,28%, kelompok sandang berinflasi 0,24%, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga mengalami inflasi 0,14%.

Sementara itu, terdapat dua kelompok yang mengalami penurunan harga (deflasi), yakni kelompok transportasi dan komunikasi yang terdeflasi 0,29%, kemudian kelompok bahan makanan mengalami deflasi 0,18%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru