kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,30   4,34   0.56%
  • EMAS931.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.24%
  • RD.CAMPURAN 0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Ketua DPRD targetkan Wagub pengganti Sandiaga Uno sudah terpilih awal tahun 2020


Jumat, 27 Desember 2019 / 16:27 WIB
Ketua DPRD targetkan Wagub pengganti Sandiaga Uno sudah terpilih awal tahun 2020
ILUSTRASI. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi . ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Sumber: Kompas.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menargetkan, wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno sudah terpilih pada Januari 2020. 

"Pasti tahun besok (Jakarta) punya wakil gubernur. Insya Allah (Januari terpilih)," ucap Prasetio, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (27/12).  

Baca Juga: China ketar-ketir ekonominya melambat, ini langkah yang diambil Xi Jinping

Prasetio mengatakan, DPRD DKI Jakarta akan melanjutkan proses pemilihan wagub DKI Jakarta pada awal 2020. Prasetio akan langsung membentuk panitia pemilihan wagub.

Sebab, draf tata tertib pemilihan wagub sudah disusun oleh panitia khusus bentukan DPRD DKI periode sebelumnya. "Setelah tahun baru ini, saya akan bentuk panitia pemilihan," ujar Prasetio. 

Prasetio menyampaikan, DPRD DKI belum mengetahui soal nama calon wakil gubernur (cawagub) baru yang akan diajukan partai pengusung, yaitu Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Baca Juga: Jokowi perintahkan Erick Thohir, Ahok, dan Dirut Pertamina tuntaskan kilang TPPI

Karena itu, DPRD DKI masih berpegang pada surat berisi dua nama cawagub lama yang sudah diusulkan, yakni kader PKS Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. "Apakah nanti ada penggantinya, kami enggak tahu juga. Isu-isu yang berkembang kan seperti itu (ada nama baru), ini kita tunggu saja," kata dia. 

Kursi wagub DKI kosong sejak ditinggalkan Sandiaga lebih dari setahun lalu. Sandiaga mundur karena mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019. Gerindra dan PKS melalui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengajukan dua nama cawagub pada Maret 2019, yakni Agung dan Syaikhu, ke DPRD DKI. 

Namun, proses pemilihan wagub mandek di DPRD DKI. Padahal, DPRD telah membentuk panitia khusus untuk menyusun draf tata tertib pemilihan wagub. Namun, draf tata tertib itu tak kunjung dibahas dalam rapat pimpinan gabungan hingga masa kerja DPRD DKI periode 2014-2019 berakhir pada Agustus lalu. 

Baca Juga: Airlangga Hartarto beri penghargaan pada penyalur dan penjamin KUR terbaik

DPRD DKI periode 2019-2024 juga belum membahas pemilihan wagub karena terlebih dahulu membahas rancangan anggaran 2020. Lamanya proses pemilihan wagub di DPRD DKI membuat Gerindra dan PKS memiliki kesepakatan baru, yakni masing-masing partai mengusung satu orang cawagub. 

Dari Gerindra, nama yang disebut akan diusulkan antara Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry J Yuliantono dan Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria. Sementara cawagub dari PKS masih menunggu keputusan DPP PKS. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua DPRD Targetkan Wagub DKI Sudah Terpilih Januari 2020"




TERBARU
Terpopuler

[X]
×