Khofifah ungkap wasiat ibunda Jokowi: Minta sisa rezeki diwakafkan di masjid

Kamis, 26 Maret 2020 | 10:35 WIB Sumber: Kompas.com
Khofifah ungkap wasiat ibunda Jokowi: Minta sisa rezeki diwakafkan di masjid

ILUSTRASI. Ibunda Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo memegang buku 'Jokowi, Spirit Bantaran Kali Anyar' saat diluncurkan di Jakarta, Jumat (14/9/2012).? Ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo meninggal di RST Slamet Riyadi Solo pada Rabu (25/3) pukul 16.45 WIB karena ka


JOKOWI - SOLO. Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa melayat ke rumah duka almarhumah Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo di Sumber, Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/3). 

Khofifah mengatakan, di rumah duka sebagian besar pelayat membacakan surah Yasin. Dirinya juga mengaku bertemu dengan beberapa putri almarhumah Sujiatmi.  "Saya, alhamdulillah bertemu dengan beberapa putri beliau (almarhumah Sujiatmi). Saya tanya apa wasiat sebelum beliau wafat," terang Khofifah, Kamis. 

Baca Juga: Ibunda meninggal, Jokowi tetap ikuti sidang KTT G20 bahas pandemi corona

Khofifah mengatakan, sebelum meninggal, almarhumah selesai melaksanakan shalat zuhur sekitar pukul 14.00 WIB menanyakan kepada anaknya apakah sudah masuk waktu shalat ashar. "Kemarin siang rupanya beliau selesai shalat zuhur jam 2, katanya beliau tanya apa sudah ashar. Karena beliau mau segera shalat ashar," ungkapnya. 

Selain itu, kata Khofifah, keluarga juga berkumpul dan bahkan sempat foto bersama dengan almarhumah sebelum akhirnya meninggal dunia di Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi Solo. 

"Saya tanya lagi apa wasiatnya beliau. Yang pertama adalah beliau sampaikan putra-putri beliau melanjutkan silaturahim dengan teman-teman almarhumah. Kemudian yang kedua beliau pesan supaya kalau ada sisa rezeki beliau untuk diwakafkan di masjid," ungkap Khofifah. 

Baca Juga: Jokowi: Saya memohonkan doa dari jauh untuk almarhumah ibunda kami

Lebih jauh, Khofifah menyampaikan dirinya mengenal sosok Sujiatmi sebelum Presiden Jokowi menjadi presiden. Bahkan, kata Khofifah, Sujiatmi tidak pernah melewatkan untuk melaksanakan shalat subuh, maghrib dan isya dengan berjamaah di masjid. 

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru